Bolmong

Kualitas dan Kapabilitas APIP Ditargetkan 2019 Berada di Level 3

BOLMONG– Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bolmong melalui Inspektorat Daerah Selasa (18/9) kemarin, bekerja sama dengan perwakilan Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) dalam melakukan tugas pengawasan, dan penjaminan Kualitas (Quality Assurance) atas Penilaian Mandiri (Self Assessment) Kapabiltas APIP Level 3.

Kepala Inspektorat Bolmong Rio Lombone mengatakan, Quality Assurance tersebut bermaksud menguji ketersediaan Infrastruktur (Dokumen) untuk pemenuhan elemen persyaratan pada Peningkatan Kapabilitas APIP.

Dikatakan, kegiatan itu dirangkaikan dengan bimbingan dan konsultasi pedoman pelaksanaan audit kinerja. Sebab, Inspektorat Bolmong saat ini masih berada pada Level 1, sementara berdasarkan target Peningkatan Kapabiltas APIP yang dicanangkan oleh Pemerintah dalam RPJMN 2015-2019 telah ditargetkan agar APIP Provinsi, Kabupaten maupun kota sudah berada pada Level 3 pada Tahun 2019 nanti. “Audit kinerja ini menilai tingkat keberhasilan kinerja suatu daerah untuk memastikan sesuai atau tidaknya sasaran kegiatan yang menggunakan anggaran,” jelanya.

Ditambahkan, audit kinerja ini merupakan perluasan dari audit keuangan yang meliputi ekonomi, efisien dan efektifitas. Maka dari itu, auditor yang melaksanakan kegiatan harus memperoleh informasi tentang organisasi, prosedur kerja dan sistim informasi dan pelaporan keuangan yang baik. Sebab, Target tahun depan APIP sudah masuk pada level 3. “Untuk itu kita terus berbenah demi tercapainya level 3 peningkatan kapabilitas APIP tahun ini,” katanya mengakhiri. (Ind)

Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Check Also

Close
Back to top button
Close
%d blogger menyukai ini: