Kotamobagu

Ini Penjelasan Pemkot, Rumahkan Tenaga Guru Kontrak

Sahaya Mokoginta

PROBMR.COM, KOTAMOBAGU – Kebijakan Pemerintah Kota Kotamobagu yang akan merumahkan 168 orang tenaga Guru Kontrak yang bertugas di seluruh sekolah mulai dari TK, SD hingga SMP se-Kota Kotamobagu, terhitung mulai tanggal 1 September mendatang ternyata merupakan bagian dari tahap evaluasi kinerja.
Hal ini disampaikan Kepala Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan (BKPP) Sahaya Mokoginta, bahwa kebijakan tersebut selain evaluasi keberhasilan juga untuk menyesuaikan kebutuhan SKPD.

“Kami akan melakukan evaluasi terhadap seluruh tenaga kontrak dan guru kontrak. Ini juga dilakukan karena disesuaikan dengan kebutuhan SKPD,” kata Sahaya.

Dijelaskannya, untuk guru kontrak, pihaknya akan mendata kembali kebutuhan riil guru yang benar-benar dibutuhkan. Kemudian akan dilakukan pengisian kembali kekurangan guru tersebut, agar proses belajar mengajar dapat berjalan dengan baik.

“Khusus guru, akan ada tahapan seleksi yang akan dilaksanakan mulai tanggal 3 sampai 6 September,” jelasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan RukmiSimbala mengatakan, terkait tenaga guru kontrak yang akan dirumahkan sementara, pihaknya tidak bisa berbuat apa apa. Sebab, itu merupakan kebijakan Pemkot Kotamobagu.

“Itu sudah kebijakan mau bagaimana lagi. Kita tinggal memaksimalkan tenaga guru honor yang dibiayai lewat dana BOS oleh sekolah dimana dia bertugas. Meski disisi lain, dengan tidak ada guru kontrak sedikit menganggu proses belajar mengajar, akan tetapi masih ada guru ASN dibantu tenaga honor yang akan melaksanakan proses KBM di sekolah,” jelasnya.

Sebelumnya, Sekretaris Kota (Sekot) Kotamobagu Adnan Massinae menjelaskan, evaluasi tersebut sudah lama direncanakan dan Pemkot telah menargetkan untuk evaluasi tenaga kontrak minimal enam bulan sekali.
“Jadi mereka akan dites kembali apakah kapasitasnya masih layak atau tidak, evaluasi ini meliputi tes tertulis, wawancara dan track record,” kata Adnan. (ddj)

Tags
Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
%d blogger menyukai ini: