Bolmong

Ini Solusi Jika KK dan KTP Hilang

Iswan Gonibala
BOLMONG— Kartu Keluarga (KK) dan Kartu Tanda Penduduk sangatlah penting dan wajib dimiliki semua penduduk. Namun bagaimana jika warga yang sudah memilikinya tetapi terjadi kehilangan?
“KK kami hilang, bagaimana solusinya? Sementara untuk mengurus KK yang baru, itu harus ada KK asli sebelumnya yang harus dimasukan. Begitu juga KTP yang hilang, apakah hanya mengurus KTP baru seperti biasa dengan memasukan KK asli atau bagaimana?” Tanya sejumlah warga Bolmong.
Menanggapi hal tesebut, Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Bolmong Iswan Gonibala menjelaskan, semua ada solusinya, namun ada ketentuan yang harus diikuti. “Apabila KK asli hilang, warga bisa mengurusnya kembali dengan cara memasukan fotocopy surat nikah dan keterangan dari kepala desa, biasanya contoh keterangan sudah ada di setiap sangadi. Sementara, untuk mereka yang kehilangan KTP asli, bisa mengurusnya kembali, tetapi harus ada surat keterangan kehilangan dari pihak kepolisian setempat, dan membawa KK asli ke kator Disdukcapil untuk melakukan pengurusan kembali,” jelasnya.
Dia menambahkan, pihak Disdukcapil selalu siap melayani masyarakat. Katanya, apabila ada masyarakat yang kebingungan terkait pengurusan, silahkan datang ke kantor Disdukcapil untuk meminta petunjuk. “Intinya, pelayanan Disdukcapil terhadap masyarakat selalalu diupayakan maksimal,” katanya mengakhiri. (Ind)
Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
%d blogger menyukai ini: