Kotamobagu

18 Grup Masamper se-Sulut Bakal “Goyang” Kotamobagu

PROBMR.COM, KOTAMOBAGU – Kota Kotamobagu kembali menggelar kegiatan yang terbilang menarik. Pasalnya kegiatan tersebut merupakan salah satu kebudayaan masyarakat nusa utara yakni Masamper.

Bekerja sama dengan keluarga besar masyarakat Nusa Utara yang ada di Kotamobagu Pemerintah menggelar lomba Masemper se- Sulawesi Utara dengan menyediakan hadiah belasan juta rupiah untuk para pemenang.

Lomba Masamper se-Sulawesi Utara (Sulut) akan dilaksanakan di Lapangan Boki Hotinimbang, Sabtu (21/7). 18 grup yang berasal dari berbagai daerah di Sulut, sudah terkonfirmasi atau mendaftar mengikuti lomba berhadiah puluhan juta rupiah itu.

Ketua Panitia Pelaksana, Didi Manarat, mengatakan jumlah pendaftar masih memungkinkan bertambah hingga sehari sebelum lomba dilaksanakan. “Yang terdaftar sementara sudah 18 grup. Setiap grup terdiri atas 25 orang. Untuk sementara Kota Manado yang paling banyak, ada 10 grup. Kemudian Kota Bitung 3 grup, Minahasa Selatan 2 grup, Bolmong 1 grup dan Kota Kotamobagu 2 grup. Setiap pemenang lomba dari juara I, II, III dan harapan I, II dan III mendapatkan hadiah uang pembinaan,” katanya.

Ia mengungkapkan, saat ini persiapan pelaksanaan lomba tersebut sudah hampir rampung dan tinggal menunggu hari H pelaksanaannya. “Secara keseluruhan sudah siap. Mudah-mudahan kegiatan berjalan lancar sesuai yang kita harapkan bersama,” ungkapnya.

Ia mengakui, gelaran kegiatan tersebut terlaksana atas dukungan penuh dari Pemerintah Kota (Pemkot). “Terima kasih kepada ibu walikota yang mendukung penuh pelaksanaan kegiatan ini. Mudah-mudahan lewat kegiatan lomba masamper ini, dapat lebih mempererat hubungan warga Nusa Utara dengan masyarakat lainnya,” ujarnya.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud), Agung Adati, mengungkapkan pelaksanaan lomba masamper tersebut merupakan wujud kepedulian Pemkot dalam mengangkat budaya Masamper sebagai salah satu kearifan lokal di Sulawesi Utara. “Lomba ini diikuti oleh komunitas masyarakat Nusa Utara, dan antusias masyarakat untuk mengikutinya cukup besar,” ungkap Agung. (ddj)

Tags
Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
%d blogger menyukai ini: