Kotamobagu

Pemkot Dorong Petani Kembangkan Tanaman Kedelai

Ilustrasi

PROBMR.COM, KOTAMOBAGU– Pemerintah kota (Pemkot) melalui Dinas Pertanian dan Perikanan (Dispertanak) mulai melirik tanaman holtikultura seperti kedelai untuk di kembangkan di Kotamobagu.

Hal ini dibuktikan dengan bantuan benih kacang kedelai yang diberikan Kementerian Pertanian (Kementan) RI ini kepada para kelompok tani. Bahkan bantuan tersebut diperuntukan bagi pengembangan 2.000 hektar lahan perkebunan.

Menurut Kepala Dinas Pertanian dan Perikanan, Muljadi Surotenojo, lahan tersebut tersebar di empat kecamatan se-Kotamobagu. Sehingga kebutuhan petani akan mengembangkan budidaya pertanian holtikultura khususnya kedelai akan terpenuhi.

“Kelompok tani akan menyiapkan luas lahannya. Dan data yang kami miliki ada 41 kelompok tani (Poktan) yang nanti akan mengembangkan pertanian holtikultura ini,” ujarnya, Kamis (24/05/2018).

Lanjutnya, jika bantuan benih kedelai sudah  disalurkan. Para kelompok tani diharapkan dapat memanfaatkan bantuan tersebut untuk pengembangan sektor pertanian. “Bantuan ini merupakan bentuk subsidi sehingga dapat memancing minat petani untuk membudidayakan holtikultura khususnya tanaman kedelai. Oleh sebab itu, ini harus dimanfaatkan sebaik mungkin agar sektor pertanian kita khususnya kedelai bisa meningkat di Kotamobagu,” jelasnya. (ddj)

Tags

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Check Also

Close
Back to top button
Close
%d blogger menyukai ini: