Bolmong

Banyak Penderita Penyakit Menular Belum Terdata

drg Rudiawan
drg Rudiawan

BOLMONG – Penyakit menular yang diderita warga Bolmong mulai menurun dari tahun sebelumnya. Data yang dihimpun, angka penderita berbagai penyakit menular seperti demam berdarah dangue (DBD), tuberkulosis (TBC), kusta, rabies dan hepatitis menurun. Namun, masih banyak masyarakat yang diketahui belum terdata di instansi kesehatan maupun dinas kesehatan. “Masih banyak masyarakat yang menjadi penderita penyakit yang belum terdata,” kata sumber di Dinkes Bolmong.

Saat dikonfirmasi, Kadis Kesehatan dr Rudiawan membenarkannya. Menurutnya, data penderita penyakit menular belum mencakup seluruh penderita di Bolmong. “Kendalanya juga ada di masyarakat, yang kadang tidak melaporkan kepada instansi kesehatan jika terdapat penderita penyakit menular,” katanya.

Lanjutnya lagi, berdasarkan investigasi medis, pada tahun 2015 ini merupakan siklus penyebaran penyakit menular lima tahunan. Namun, di Bolmong tidak menunjukan kenaikan penderita. “Tahun ini, penyebaran penyakit menular menurun dari tahun sebelumnya,” ujar Rudiawan.

Ia juga mengimbau kepada masyarakat agar waspada terhadap bahaya penyakit menular. “Walaupun datanya menurun, namun diharapkan kepada masyarakat untuk tetap waspada terhadap penyakit menular,” kata Rudiawan. (sal)

 

 

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
%d blogger menyukai ini: