Bolmong

Pemkab Bakal Tutup Koperasi yang tak Lakukan RAT Selang Tiga Tahun

BOLMONG— Semua Koperasi di Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong) wajib melaksanakan Rapat Anggota Tahunan (RAT). Hal ini ditegaskan Kepala Dinas Koperasi Bolmong Ofir Ratu.
“Koperasi di Bolmong wajib melaksanakan RAT, jika dalam selang waktu tiga tahun tidak melaksanakan RAT, koperasi tersebut bakal dibubarkan. Ini berdasarkan Peraturan Mentri Koperasi No 10 tahun 2015,” tegas Ratu saat dikonfirmasih ProBMR.com Kamis (15/3).
Menurutnya, pihaknya sudah menyurati seluruh koperasi di Bolmong untuk segera melakukan RAT. Di Bolmong lata dia, baru dua koperasi yang laksanakan RAT, yakni koperasi kelompok tani cahaya baru dan koperasi Tenaga Kerja Bongkar Muat (TKBM) Perintis Bahari Labuan Uki. “Berdasarkan UUD 25 Tahun 1992 tentang perkoperasian, RAT itu dilaksanakan minimal satu tahun se kali. Intinya kami sudah surati, tinggal pihak koperasi yang berpikir dan melaksanakannya, jika tidak tentu harus menerima konsekuensinya,” ungkap Ratu. “Padahal lanjut dia,  di Bolmong tercatat ada 373 Koperasi yang ada di Bolmong. Namun dari 373 koperasi yang ada hanya sebanyak 28 koperasi yang aktif,” tambahnya.
Pemkab Bolmong melalui Dinas Koperasi Bolmong, hari ini Kamis (15/3), telah melakukan pertanggungjawaban, Koperasi TKBM Perintis Bahari Labuang Uki. “Adanya koperasi ini berdasarkan SK dari Kementrian Perhubungan, Kementrian Koperasi, dan Menteri Tenga Kerja. RAT sudah berjalan baik,” katanya mengakhiri. (Ind)
Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
%d blogger menyukai ini: