Kotamobagu

Walikota Komitmen Dukung Program TNI

Bimtek pertanian di aula dinas pertanian Kota Kotamoabgu.
Bimtek pertanian di aula dinas pertanian Kota Kotamoabgu.

ProBMR, Kotamobagu- Program Swasembada pangan khususnya beras yang dijalankan oleh Kodim 1303 Bolaang Mongondow, mendapat dukungan penuh Pemerintah Daerah Kota Kotamobagu.

Hal ini disampaikan Walikota Kota Kotamobagu Ir Tatong Bara, usai membuka Bimbingan Teknis Pertanian di aula Kantor Dinas Pertanian Kota Kotamobagu, rabu (14/01) hari ini.

Menurut Tatong, bentuk komitmen pemerintah Kotamobagu dengan menyediakan lahan percontohan (dempolot) tidak hanya di satu titik namun di sejumlah titik di wilayah Kotamobagu.

Tak hanya penyediaan lahan namun juga dengan intervensi progran dan anggaran yang ada di dinas pertanian dan BP4K.

“Pemerintah Kota sangat mendukung program ini. Ini adalah tantangan bagi kami di dalam  pencapaian target swasembada pangan,” Ungkap Tatong kepada sejumlah wartawan.

Saat disinggung peran para lurah dan sangadi  mensukseskan program ini, dirinya menjawab bagi para Lurah dan Sangadi ynag tidak mendukung akan diberi sangsi.

“Bagi para Lurah dan Sangadi yang tidak mendukung program ini , sangsi tegas menunggu,” Tandasnya.

Sementara Dandim 1303 Letkol ARH Jamalidin Malik, mengatakan bahwa program swasembada pangan yang diprogramkan oleh TNI akan melibatkan masyarakat akan dengan meningkatkan hasil produksi gabah kering per Hektar sawah.

“Bila hasil Produksi Gabah kering 5,8 ton Perhektar sawah, maka dengan program ini ditargetkan bisa mencapai 6 ton gabah kering perhektar,” Jelasnya.

Lanjut dia, para prajurit TNI khususnya anggota Kodim akan terlibat langsung dengan membuat lahan percontohan sesui dengan standar operasional yang diikuti dalam bimbingan teknis.

“untuk awalnya kami akan membuat lahan percontohan di kelurahan Biga,” tutupnya.

Informasi, Bimbingan teknis pertanian diikuti anggota TNI dari Kodim 1303 Bolmong serta  Lurah dan Sangadi se-kota Kotamobagu. (DDJ)

Tags

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
%d blogger menyukai ini: