Kotamobagu

HMI Cabang Yogyakarta Desak Aparat Penegak Hukum Pecat Saut Situmorang.

Tampak Ratusan anggota HMI Cabang Yogyakarta menggelar unjuk rasa di depan kantor Polda DIY.
Tampak Ratusan anggota HMI Cabang Yogyakarta menggelar unjuk rasa di depan kantor Polda DIY.

ProBMR,YOGYAKARTA–Ratusan Anggota Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Cabang Yogyakarta, menggelar aksi Unjuk rasa di depan Polda DIY, Selasa (10/5). dalam orasi mereka, para Mahasiswa ini mendesak aparat penengak Hukum agar dapat melakukan pemecatan terhadap Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Saut Situmorang yang dinilai telah mencemarkan nama baik HMI.

Pernyataan wakil ketua KPK, Saut Situmorang yang mengatakan bahwa alumni Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) ketika menjadi pejabat negara melakukan korupsi dan  Tindakan kejahatan, akhirnya menuai kecaman dari seluruh kader HMI se-Indonesia.
Kecaman tersebut juga disampaikan oleh Anggota HMI Cabang Yogyakarta, Asal Kota Kotamobagu Sulawesi Utara, Fahmi Fahrezi Ibrahim, saat di wawancarai melalui Via Telepon.
“Menurut saya, Saut telah membuat pernyataan publik yang sangat tendensius, sehingga berakibat sangat fatal, juga pernyataan Komisioner KPK itu secara tidak langsung telah mendiskreditkan lembaga eksternal Kemahasiswaaan HMI ini” kata Mahasiswa¬† yang akrab disapa Rezi ini kepada ProBMR.COM.

Sebagai Pejabat Negara, Lanjut dia, semestinya saut memperhatikan kode etik komunikasi ketika berbicara di ruang publik.”Seharusnya pejabat negara memberikan pernyataan di ruang publik, tidak boleh lepas dari kaidah rasionalitas dan etika komunikasi, karena pernyataan tersebut menjadi tamparan bagi lembaga ini” tutur Rezi

Ia menilai pernyataan Saut merupakan over generalisasi terhadap HMI secara institusional. Pernyataannya ini, tambah Rezi, akan membuat stigma negatif publik terhadap HMI dan menyakiti seluruh kader HMI.

“Saut situmorang telah menciderai marwah HMI melalui pernyataan dengan menyebut kader HMI yang lulus pengkaderan minimal LK 1 Korupsi dan sangat jahat, itu kan sangat merugikan lembaga dan menciderai demokrasi. bahkan, membawa keburukan citra HMI bagi kader HMI dan Alumni yang berkiprah dalam berbagai profesi” tegas Rezi, menjelaskan.

Pernyataan Saut Situmorang yang ditayangkan melalui sebuah acara talk show di salah satu stasiun TV Nasional membuat seluruh Kader HMI Se-Indonesia langsung menyikapi persoalan tersebut ke rana Hukum dengan meminta Pemerintah Indonesia dan pihak penegak Hukum agar dapat memecat Saut Situmorang.

“kami HMI Cabang Yogyakarta akan melakukan konsolidasi nasional untuk mendesak Saut situmorang meminta maaf secara terbuka dan kelembagaan kepada HMI karena dinilai merusak citra HMI, dan juga majelis etik KPK, harus mengusut pelanggaran kode etik orang itu , dan juga kami meminta agar dirinya (Saut situmorang red) agar mundur dari jabatannya serta mendesak presiden agar segera memecat saut situmorang” pungkasnya

Sebelumnya, dalam sebuah talkshow di televisi swasta, Saut mengatakan bahwa alumni HMI minimal ikut Latihan Kader (LK) I yang mencetak orang-orang pintar dan cerdas. Namun ketika para alumni HMI tersebut menjadi pejabat negara, kata Saut, mereka berubah menjadi koruptor dan jahat.

Rezi kemudian menambahkan seluruh pernyataan mendesak saut situmorang dipecat akan terus di galakan oleh seluruh Kader HMI Se Indonesia.”kita akan ke Mabes Polri untuk terus melakukan desakan sampai tanggal 15 ini, dan akan melakukan aksi kembali sampai Saut situmorang resmi di pecat” tutupnya. (Rez)

Tags

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
%d blogger menyukai ini: