Bolmong

BPN Bolmong Gelar GSRA di Desa Solimandungan Dua

BOLMONG – Puncak Kegiatan Gerakan Sinergi Reforma Agraria Nasional (GSRA) digelar serentak se Indonesia 22 April 2024. Di  Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong), GSRA digelar di Desa Solimandungan Dua Kecamatan Bolaang, Senin (22/04/2024) secara telekonferensi. Kegiatan dihadiri Asisten Administrasi Umum Dr (Hc) Ramlah Mokodongan SE MSi mewakili Pj Bupati Bolmong, Ir Limi Mokodompit MM, Kepala Kantor Pertanahan Bolmong Eni Sulastri Darmayanti SSiT MSi, Kepala Dinas Perkebunan Bolmong Ir Abdul Latif MSi dan perwakilan PT Permodalan Nasional Madani Manado Yusril Mahalette, serta kelompok Tani Desa Solimandungan II.

Kepala BPN Bolmong Eni Sulastri Darmayanti SSiT MSi mengatakan, Tujuan Kegiatan Sinergi ini adalah Menampilkan hasil kerja bersama Penataan Aset dan Penataan Akses di seluruh Indonesia, yang Implementasinya berdasarkan Peraturan Presiden nomor 62 tahun 2023 tentang Percepatan Reforma Agraria. Serta komitmen bersama untuk bersedia mendukung Percepatan Reforma Agraria melalui Penataan Aset dan Penataan Akses, guna mewujudkan cita-cita kesejahteraan Masyarakat khususnya di Kabupaten Bolmong.

Menurutnya, Implementasi dari Reforma Agraria di Desa Solimandungan II yaitu telah dilaksanakan Penataan Aset dan Penataan Akses berupa penerbitan sertipikat/Legalisasi Aset PTSL tahun 2020 dan 2022 sebanyak 284 bidang tanah. ‘’Dampak dari Penerbitan sertipikat tersebut terhadap jumlah nilai tanah yang berkepastian hukum di Desa Solimandungan II sangat signifikan,’’ kata Eni. Sementara itu, PT Permodalan Nasional Madani telah memberikan bantuan fasilitasi pembiayan atau akses modal kepada 259 jiwa yang tersebar di Desa Solimandungan Satu, Desa Solimandungan Dua serta Desa Solimandungan Baru, selain itu tahun ini direncanakan pemberian bantuan Bibit Pala dari Dinas Perkebunan Bolmong kepada 4 Kelompok tani yang bersumber dari APBN dan APBD. ‘’Harapan kami, melalui kegiatan ini dapat tercapainya kolaborasi antar sektoral untuk bersinergi dan berkolaborasi mewujudkan cita-cita Reforma Agraria untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat,’’ pungkas Eni. (*)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Check Also

Close
Back to top button
Close