Boltim

Proyek Milik PT Gading Asli Sejati Akan Dihentikan

Buangan tanah yang dilakukan oleh pihak perusahaan yang diduga bisa menimbulkan banjir bandang dan merusak lahan warga.
Buangan tanah yang dilakukan oleh pihak perusahaan yang diduga bisa menimbulkan banjir bandang dan merusak lahan warga.

Boltim — Proyek pembangunan jalan penghubung desa Togid-Dodap, yang di kerjakan PT Gading Asli Sejati dengan Kontraktor Wan Supid, pekerjaan teraebut akan dihentikan oleh pemerintah daerah. Hal ini dikarenakan buangan tanah cutting gunung yang hanya diserak mulut danau Bunong, sehingga bisa merusak lingkungan bahkan aset alam kabupaten Boltim tersebut. Jika ini dibiarkan, bekas patahan lempeng tanah yang kini ditimbuni tanah buangan tersebut, akan longsor hingga ke danau.“Kami akan gugat jika si kontraktor tidak juga memindahkan lokasi buangan tanahnya. Ini sangat merusak lingkungan dan mengancam sumber daya alam di Boltim,” tegas Abdulrahman Ambarak, pemerhati lingkungan warga Tutuyan.

Sekretaris Daerah (Sekda) Boltim, Muhammad Assagaf, ketika dimintakan tanggapannya mengatakan, upaya perusakan lingkungan oleh kontraktor pelaksana pembangunan tidak bisa didiamkan. Dia bahkan akan memerintahkan instansi terkait, kesbangpol, Badan Lingkungan Hidup (BLH), dan Satpol-PP untuk turun ke lokasi. Jika terbukti ada indikasi perusakan lingkungan, proyek tersebut akan dihentikan.“Saya akan perintahkan instansi terkait untuk turun lapangan. Mereka akan meninjau langsung pekerjaan tersebut, jika bermasalah, akan dihentikan,” ungkap Sekda.

Sayangnya Kontraktor pekerjaan yang menelan anggaran APBN hingga puluhan Miliar itu, tak bisa dihubungi dan dimintai konfirmasinya sampai berita ini naik.(Sandy)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close