AdvertorialBolmong

Inilah Capaian Yasti-Yanny Empat Tahun Memimpin Bolmong

Pasangan Yasti Soepredjo Mokoagow dan Yanny Ronny Tuuk (Yasti-Yanny) genap empat tahun sebagai Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong), pada 22 Mei 2021. Selama empat tahun, sejumlah program telah dilakukan pasangan yang diusung PDIP, PAN, PKB, PKS dan Nasdem ini dengan Jargon Visi Menuju Bolaang Mongondow Hebat. Mereka berhasil meningkatkan pertumbuhan ekonomi tahun 2020, meski di tengah pandemi Covid-19, dari 7% menjadi 7,03%. Padahal, di saat bersamaan banyak daerah ekonominya melambat bahkan minus. Atas keberhasilan itu bupati Yasti menjadi satu-satunya kepala daerah di Indonesia yang diundang oleh Tempo Media Grup sebagai perempuan penggerak ekonomi dalam kegiatan yang bertajuk “Disccushe Perempuan dan Digital Ekonomi”.

Upaya dalam bidang pembangunan yang dilakukan, ikut dibarengi dengan penurunan angka kemiskinan. Badan Pusat Statistik merilis, setiap tahunnya turun. Pada 2020 angka kemiskinan di Bolmong berada di angka 7.27 persen. Angka tersebut, turun dari dua tahun sebelumnya yakni pada 2019 berada di angka 7.47 persen dan pada tahun 2018 berada di angka 7.67 persen. Yang paling spektakuler, Pemkab Bolmong baru saja mencatat sejarah dengan meraih opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari BPK RI atas pengelolaan Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) Kabupaten Bolmong tahun 2020.

Dalam sejarah opini BPK, ini merupakan kali pertama tercapai dibawa kepemimpinan Yasti-Yanny, dan dinantikan sejak tahun 2005 silam. Pasalanya, tahun-tahun sebelumnya Pemkab Bolmong hanya berputar pada predikat Tidak Wajar (TW), Tidak Memberikan Pendapat (TMP) atau Disclaimer, dan Wajar Dengan Pengecualian (WDP). Bupati Yasti sangat bersyukur Pemkab Bolmong bisa meraih WTP setelah sekian lama ia bersama jajarannya bekerja keras mengurai masalah besar dalam pengelolaan keuangan daerah, terutama terkait masalah penyelesaian aset. ”Kami tetap saling menghargai bahwa keberhasilan itu berasal dari peran semua pihak. Kewajiban pemerintah tetap memberikan yang terbaik,” kata bupati. Ia juga menyingung besarnya peran ASN Pemkab Bolmong terlebih Tim keuangan dalam mengurai dan menelusuri asset yang jadi ganjalan Pemkab Bolmong selama ini “Alhamdulilah berkat kerja keras semua kita. Seluruh OPD, seluruh ASN Kabupaten Bolmong hari ini kita mendapatkan opini WTP. Harus kita syukuri karena kekompakan kita semua, utamanya saya terima kasih betul kepada Tim keuangan yang luar biasa, dua tahun terakhir tidak pernah kenal lelah.” Ucap Yasti. (sal/adv)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
%d blogger menyukai ini: