Bolmong

RSUD Datoe Binangkang Siapkan Alat Cuci Darah

BOLMONG – Bupati Bolaang Mongondow (Bolmong) yasti Soepredjo Mokoagow menerima kunjungan tim Perhimpunan Nefrologi Indonesia (PERNEFRI) yang diketua Prof. DR.Dr. Emma Sy. Moeis, Sp.PD, KGH, Finasim cabang Sulawesi Utara yang didampingi Dr. Stella Palar, Sp.PD, KGH, Finasim, Dr. Octavianus Umboh,Sp.PD, di RSU Datoe Binangkang, Senin (9/3). Kunjungan terkait dengan visitasi lima unit alat cuci darah di RSUD terakreditasi dengan empat bintang itu. “Alat Hemodialisis atau unit cuci darah di RSU Datoe Binangkang in i, merupakan satu-satunya alat yang ada di Bolaang Mongondow Raya,” kata bupati.

Menurutnya dengan alat tersebut, akan cukup membantu pasien yang selama ini harus bolak-balik ke rumah sakit luar daerah. “Keberadaan alat ini telah melalui proses panjang. Berapapun anggaran yang diperlukan akan disiapkan, demi pelayanan masyarakat,” imbuhnya.

Tim melakukan pemeriksaan peralatan dan ruangan. Menurut bupati, nantinya ruangan untuk cuci darah akan ditambah lagi. Selain itu kesiapan sumber daya manusia, nantinya akan diikutkan dalam pelatihan. Seperti dokter dan para perawat. “Kunjungan dan penilaian ini merupakan langkah awal nantinya ada kunjungan kedua lagi. Soal SDM ada dua tahap bagi para dokter dan perawat untuk diikutkan dalam pelatihan. SDM memang tetap akan disiapkan,” jelas bupati.

Ketua PERNEFRI Cabang Sulut Prof. DR.Dr. Emma Sy. Moeis, Sp.PD, KGH, Finasim menjelaskan, kunjungan mereka ke RSU Datoe Binangkang untuk melihat kesiapan peralatan yang disiapkan. Dia memberikan apresiasi kepada Pemkab Bolmong karena mampu menyiapkan peralatan untuk pelayanan pasien ginjal kronik. “Unit ini memang perlu, sebagai upaya peningkatan pelayanan pasien di BMR,” katanya. (sal)

Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
%d blogger menyukai ini: