Bolmong

Viral, Pemkab Siap Kembangkan Roti Ibolian

Dinas Perdagangan dan ESDM kunjungi pembuatan Roti Ibolian

BOLMONG – Viralnya Roti Ibolian memantik reaksi positif dari Pemkab Bolmong. Bupati Bolmong Yasti Soepredjo Mokoagow melalui Dinas Perdagangan dan ESDM, menurunkan tim yang dipimpin Kasie Industri Pangan dan Unit Pendampingan Langsung Industri Kecil Menengah (UPL IKM) di rumah pembuatan Roti Ibolian, Desa Ibolian Kecamatan Dumoga Tengah, Senin (28/1). Kepala Dinas Perdagangan dan ESDM George Tanor melalui Kabid Perindustian Aisya Palima mengatakan, peninjauan langsung ke IKM Roti Ibolian untuk melihat cara produksi rotinya. “Selain itu, mengidentifikasi data IKM, sekaligus kebutuhan dari IKM Roti Ibolian untuk pengembangan usahanya,” kata Palima.

Lanjutnya lagi, untuk bantuan mesin dan peralatan serta kemasan bisa diusulkan melalui musrenbang desa dan kecamatan, untuk mendorong peningkatan kapasitas pelaku usaha kecil yang mengangkat produk roti kreatif yang diminati pasar. ”Kami bisa merekomendasi usaha sertifikasi Pangan Industri Rumah Tangga (P-IRT) dan Halal, yang wajib dimiliki oleh IKM Pangan,” imbuhnya. Sementara itu Camat Dumoga Tengah Irmansyah Makalalag mengatakan, kebutuhan pengusaha Roti Ibolian dan IRT lainnya akan diakomodir di Musrenbang kecamatan nanti. ”Pemerintah sangat mendukung usaha kreatif seperti ini. Semua kebutuhan usahanya kami akan bawa di musrenbang kecamatan,” kata Irmansyah.

Roti Ibolian buatan Ibu Fuji Rahayu mendadak viral karena rasanya yang enak. Roti ini dikenal dengan tekstur menggoda, dengan adonan lembut. Berbagai varian rasa yang ada di dalam Roti Ibolian, seperti cokelat, keju, cokelat keju dan selai. Setiap harinya, Roti Ibolian terjual hingga 200 paket, setiap paket berisikan 5 roti yang dikemas dalam mika berukuran 40×25 cm. Itu berarti, penjualan rata-rata per hari seribu roti. ”Kalau banyak pesanan, kadang terjual hingga 250 paket. Itu pun kami produksi hingga sore hari,” kata Ibu Fuji Rahayu. Menurutnya, rasa cokelat keju menjadi favorit para konsumen. ”Pilihan utama konsumen itu pada rasa cokelat keju,” pungkasnya. (sal)

Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
%d blogger menyukai ini: