AdvertorialBolmong

Perpres 16 Tahun 2018 Langsung Diterapkan Pemkab Bolmong

BOLMONG— Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bolmong langsung menyesuaikan,¬†Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 16 Tahun 2018 mengenai pengadaan barang dan jasa pasca ditetapkan belum lama ini.
Diketahui Perpres Nomor 16 Tahun 2018, menggantikan Perpres Nomor 54 Tahun 2010.
Memaksimalkan regulasi tersebut, Pemkab Bolmong menggelar sosialisasi di tingkat Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) yang dibuka langsung oleh Sekda Bolmong Tahlis Gallang pada Senin (12/11) di Lantai II Kantor Bupati Bolmong.
Dalam kegiatan itu, terdapat beberapa aspek baru yang diatur dalam Perpres tersebut. Seperti, value money pekerjaan integrasi (gabungan tipe pengadaaan sesuai dengan tujuan), kekuatan di aspek perencanaan, agen pengadaan, konsolidasi untuk mendorong paket sejenis, dan memperkenalkan swakelola untuk ormas.
Lalu ada pula rep (pemesanan berulang untuk konsultan), serta refresh roder (penawaran harga secara berulang untuk mendapatkan harga terbaik).
“Diharapkan dengan munculnya beberapa aspek baru mampu meningkatkan anggaran, dan mengurangi hambatan dalam proses pengadaan serta meningkatkan kualitas hasil pengadaan barang dan jasa dari pemerintah,” ungkap Sekda Bolmong Tahlis Gallang.
Dijelaskan, Perpres 16 ini sudah mulai sejak November ini, dengan demikian pada proses pembahasan APBD 2019 sudah disesuaikan dengan regulasi tersebut. “Ini sudah diberlakukan pada proses penganggaran, sehingga pada APBD 2019 susah berjalan maksimal,” jelasnya. (Ind/Adv)
Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
%d blogger menyukai ini: