Bolmong

Yasti: Tujuan Utama Gerakan PKK adalah Mewujudkan Keluarga Sejahtera

BOLMONG— Gerakan Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (PKK) adalah gerakan yang diprakarsai oleh ibu-ibu yang tergabung dalam Tim Penggerak PKK, dan mempunyai peranan penting dalam memberdayakan ekonomi keluarga.
Begitu diungkapkan Bupati Bolmong Yasti Soepredjo Mokoagow saat membuka pelaksanaan kegiatan workshop Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga (UP2K) PKK bagi kader-kader PKK se Kabupaten Bolmong. Rabu (10/10) di D’lolak restaurant, Desa Lolak.  “Tujuan utama gerakan PKK adalah mewujudkan keluarga sejahtera, yaitu keluarga yang mampu menciptakan keselarasan, keserasian dan keseimbangan serta kemajuan dalam keluarga,” ungkap Bupati.
Ditambahkan, untuk dapat mencapai tujuan utama dari gerakan PKK tersebut, yaitu dengan melaksanakan sepuluh program pokok PKK, dimana salah satu diantara sepuluh program pokok tersebut yaitu program pengembangan kehidupan berkoperasi, berupa penumbuhan kesadaran keluarga dalam peningkatan taraf hidup keluarga, melalui kehidupan berkoperasi dan pengembangan ekonomi lainnya.
“Untuk menindaklanjuti program pengembangan kehidupan berkoperasi, maka TP PKK Kabupaten Bolmong melaksanakan workshop usaha peningkatan pendapatan keluarga atau up2k, sebagaimana yang diamanatkan dalam peraturan presiden nomor 99 tahun 2017 tentang gerakan pemberdayaan dan kesejahteraan keluarga,” katanya.
Lanjutnya, program UP2K adalah salah satu program pemerintah dalam bidang pemberdayaan perempuan, yang berupaya mengangkat status dan peran perempuan dari ketidakmandirian secara ekonomi, dengan memberikan kemampuan atau kekuatan bagi kaum perempuan untuk lebih mandiri, dengan menumbuhkembangkan berbagai potensi yang ada pada individu masing-masing,” tambahnya.
Menurutnya, tujuan utama dari workshop UP2K ini adalah membina dan mengembangkan kegiatan usaha keluarga baik itu dalam kelompok atau perorangan, sehingga secara bertahap mampu menjadi wiraswasta yang memungkinkan timbulnya kegiatan yang bersifat koperatif.  Pada kesempatan itu Bupati menyampaikan, beberapa pesan dan harapannya, yaitu:
Pertama, pembinaan kelompok UP2K perlu dilakukan secara rutin, sehingga dirinya berharap kepada jajaran pengurus TP PKK kabupaten dan kecamatan, untuk senantiasa memberikan pendampingan kepada kader-kader yang ada di wilayah Kabupaten Bolmong sehingga program ini tetap berjalan dan terlaksana sebagaimana yang diharapkan harapkan bersama.
Kedua, hal yang paling penting dari setiap pelaksanaan workshop itu kata Bupati adalah menerapkan apa yang sudah diperoleh selama kegiatan berlangsung. “Untuk itu saya berharap segala pengetahuan dan ketrampilan yang telah diperoleh dapat dilaksanakan, sehingga memberikan bermanfaat yang besar bagi setiap individu maupun kelompok,” tuturnya.
Lanjutnya, ketiga, dirinya berharap dengan pelaksanaan workshop ini dapat memotivasi kembali ibu-ibu kader PKK, yang belum mendapatkan pekerjaan tetap untuk mau berwirausaha, dan yang sudah berwirausaha supaya dapat mengajak keluarga lainnya untuk bersama-sama dalam kelompok pelaksana UP2K PKK. “Keempat, kepada seluruh peserta workshop saya berharap untuk lebih berperan aktif dalam mengikuti kegiatan ini, sehingga kedepannya dapat meningkatkan produktivitas, kualitas, kuantitas serta cara pemasaran produk-produk UP2K, dalam rangka peningkatan perekonomian dan pendapatan keluarga melalui kelompok-kelompok UP2K PKK,” katanya mengakhiri.
Sekadar dikatahui, dalam workshop tersebut Bupati juga menyerahkan Trophy Juara Ke-3 Lomba Penyuluhan UP2K Tingkat Provinsi Sulut dalam rangka HUT Provinsi Sulut Ke-54 Tahun 2018 dimana TP PKK Kabupaten Bolmonh meraih Juara Ke-3 dari 15 Kabupaten/Kota se-Provinsi Sulut. Acara tersebut juga turut dihadiri Walikota Kotamobagu ir. Hj. Tatong bara, Ketua TP PKK Bolmong Lesly Lanny Kaligis. (Ind)
Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
%d blogger menyukai ini: