Bolmong

Pengelolaan Dandes di Bolmong, 61 Desa Zona Merah dan 34 Desa Zona Kuning

BOLMONG— Pengelolaan keuangan Dana Desa (Dandes) tahun 2017 di Kabupaten Bolmong, dari 200 desa, tercatat 61 Desa  zona merah dan 34 desa zona kuning.
Data tersebut diperoleh dari Inspektorat Bolmong saat Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Bolmong, gelar Rapat Koordinasi (Rakor) terkait evaluasi Dandes, Tahun Anggaran 2017-2018, bersama Kepala Inspektorat Bolmong Rio Lambone, Pemdamping Dandes dan Tenaga Ahli Kabupaten Bolmong, Pendamping Dandes Kecamatan dan Desa serta para Kepala-Kepala Desa yang ada di Bolmong, Senin (27/8) di kantor DPMD Bolmong.
Kepala Inspektorat Bolmong Rio Lombone menyangkan, dari 200 desa yang diharuskan untuk hadir, didapati sebanyak 18 Kepala Desa yang tidak hadir dalam rapat tersebut. “Rapat ini sangat penting karena dari data yang ada di Inspektorat Bolmong, tercatat 61 Desa zona merah dan 34 desa zona kuning, dalam Pengelolahan Keuangan Desa tahun 2017.  Ini harus segera di selesaikan sebelum batas waktu yang sudah di tentukan,” tegasnya.
Sementara itu, Kepala DPMD Ahmad Yani yang juga sebagai pemateri mengatakan, pelaksanana Rakor ini terkait evaluasi administrasi dan temuan inspektorat dalam pengunaan Anggaran Dandes tahun 2017-2018.  Menurutnya, di tahun 2017 ada beberapa Desa yang salah memasukan Surat Pertanggung Jawaban (SPJ) terkait pengelolaan Dandes, sehingga terjadilah temuan Tuntutan Ganti Rugi (TGR) yang harus di bayarkan dan selesaikan sampai batas waktu yang telah ditentukan. “Sesuai waktunya yakni tanggal 15 Semtember tahun 2018 ini,” ungkapnya.
Ditambahkan, pembuatan SPJ harus sesuai dengan Peraturan Bupati (Perbup) yang telah dikeluarkan oleh Pemerintah Daerah. “Jadi nantiya pembuatan SPJ Jangan sampai melewati harga yang sudah di tentukan dalam Perbup tersebut, dan kalau bisa sesuai pengunaan Anggaran dengan harga lokal, agar anggaran Dandes ini bisa lebih banyak manfaatnya,” Jelasnya. (Ind)
Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
%d blogger menyukai ini: