Bolmong

Tingkatkan PAD Pajak Tepi Jalan, Dishub Gandeng UPP Labuan Uki

Drs Ashari Sugeha
BOLMONG— Untuk memaksimalkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) pajak tepi jalan bagi kendaraan yang beraktivitas di Pelabuhan Labuan Uki Kecamatan Lolak.
Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Bolmong, menggandeng pihak Kantor Unit Penyelenggara Pelabuhan (UPP) Labuan Uki.
Kepala Dishub Ashari Sugeha melalui Kepala Bidang (Kabid) Prasarana, Zulfadli Binol, mengatakan, ini adalah sebuah langkah strategis melihat peluang PAD daerah. “Ini langkah strategis Dishub, karena melihat peluang dan tantangan yang sudah melewati evaluasi matang,” ujar Binol.
Untuk kerjasama didalam pelabuhan tersebut terjalin karena ada koordinasi yang baik dengan pihak Syahbandar. “Sebelumnya pos kami terletak di Pinogaluman. Namun, tidak maksimal karena aktifitas kendaraan banyak dilakukan di malam hari serta¬† pos tersebut posisinya masuk jalan provinsi,” ungkapnya.
Dijelaskan, pajak tepi jalan berlaku bagi semua kendaraan yang beraktivitas di Pelabuhan Labuan Uki, tak terkecuali mobil pengangkut ikan.¬† “Setelah kami terapkan, akhirnya peningkatan PAD sangat siginifikan, yang jika 1 bulan hanya Rp 200 Ribu, sekarang sudah lebih. Artinya terkadang bisa 100 persen kalau ada aktivitas bongkar muat. Kami over target dalam hal ini,” tutur Binol.
Selain menerapkan pajak tepi jalan, pihak Dishub Bolmong juga mengimbau setiap kendaraan supaya menggunakan penutup berupa terpal, sehingga material tidak jatuh dan mengganggu pengendara lainnya. (Ind)
Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Check Also

Close
Back to top button
Close
%d blogger menyukai ini: