Bolmong

Kemarau, Warga Dilarang Membakar Lahan

BOLMONG— Warga Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong) diminta untuk tidak melakukan pembakaran lahan sembarangan. Baik di ladang maupun di daerah rawan terjadi kebakaran besar. Apalagi, saat ini Bolmong memasuki musim kemarau.
Hal itu dikatakan Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Bolmong Haris Dilapanga. Menurutnya, pihaknya selalu melakukan sosialisasi kepada masyarakat agar tidak melakukan pembakaran lahan apalagi, saat ini masuk musim kemarau. “Ya, memasuki musim kematau seperti ini, warga diimbau untuk tidak melakukan pembakaran lahan,” ungkapnya.
Meski begitu, dia menjelaskan pihaknya tidak bisa mengontrol langsung secara keseluruhan ke masyarakat di Bolmong. “Jadi, peran serta Pemerintah Desa dan Kecamatan sangat penting dalam kondisi seperti ini, untuk mengontrol dan memberikan kesadaran kepada masyarakat,” tambahnya.
Lanjutnya, walaupun sosialisasi dan himbauan dari BPBD Bolmong terus dilakukan, tetap ada saja oknum yang tidak mau mengindahkan. “Kita juga harus membangun kerja sama, kesadaran, akan dampak dari bahaya pembakaran lahan atau hutan. (Ind)
Lokasi Rawan Terjadi Kebakaran Lahan :
1. Kawasan Perbukitan Inobonto, Tandu, Tuyat, Ambang, Langagon.
2. Kawasan Pegunungan Labuhan Uki
3. Kawasan Perkebunan Tumuyu
4. Kawasan Perbukitan Desa Bolangat & Maelang.
5. Kawasan Perkebunan Ibonsit (Ruas Jalan Pindol)
Sumber BPBD Bolmong.
Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
%d blogger menyukai ini: