Bolmong

Dumoga Utara Sepakat Perangi Campak dan Rubella

BOLMONG – Pemerintah Kecamatan Dumoga Utara sepakat perangi penyakit campak dan rubella. Keseriusan itu terlihat saat seluruh jajaran pemerintah Kecamatan hingga aparat di 16 desa se Dumoga Utara menandatangani spanduk kampanye imunisasi campak dan rubella, Senin (16/7) di kantor Camat Dumoga Utara. Penandatangan dipimpin langsung Camat Dumoga Utara Hamandu Mamonto SPd MAP, dan diikuti oleh 16 sangadi (kepala desa) bersama perangkat desa lainnya.

Imunisasi MR atau Measles (campak) dan Rubella, adalah imunisasi yang bertujuan untuk mencegah penyakit campak dan rubella di kemudian hari.Campak dan Rubella adalah penyakit yang berbahaya dan menular yang disebabkan oleh virus. Penyakit ini tidak ada obatnya namun dapat dicegah melalui imunisasi sejak dini.Campak sendiri adalah salah satu penyakit yang paling menular dan menelan korban setidaknya satu setiap empat menit.Rubella sendiri juga sangat berbahaya dan menjadi ancaman serius dan jika tertular di masa kehamilan dapat berakibat fatal saat kelahiran bayi.

Hal tersebut dapat dihindari melalui imunisasi MR.Mencegah selalu lebih baik dibandingkan mengobati.Pemberian imunisasi MR ini diharapkan dapat mencegah datangnya penyakit campak dan rubella.Pemerintah menargetkan mengeliminasi campak dan penyakit rubella serta kecacatan bawaan pada tahun 2020.

Kepala Dinkes Bolmong Sahara Albugis mengatakan, kegiatan kampanye dan introduksi imunisasi measles rubella merupakan sasaran lintas sektor mitra kesehatan, asisten yang membawahi kesehatan serta 15 Camat se Bolmong merupakan tahapan sosialisasi dan koordinasi yang akan dilaksanakan dalam memperbaiki angka sasaran. “Ya, persiapan tenaga logistik dan strategi pelayanan akan dilakukan di 15 kecamatan, dengan sasaran anak usia 9 bulan sampai 15 tahun,” ungkap Albugis.

Sementara itu, Bupati Bolmong Yasti Soepredjo Mokoagow mengatakan pada September nanti, anak mulai dari usia 9 bulan hingga usia pra sekolah dapat terlayani. “Imunisasi measles rubella ini kita upayakan sukses dengan target sekitar 64 ribuan anak. Saya mengajak kepada semua untuk maksimal kegiatan tersebut,” imbuhnya. (sal/advertorial)

Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Check Also

Close
Back to top button
Close
%d blogger menyukai ini: