BMRKotamobagu

Kotamobagu Masuk Tiga Besar Nasional Sekolah Ramah Anak

Siti Rafiqah Bora

PROBMR.COM, KOTAMOBAGU –   Prestasi kembali diukir Kota Kotamobagu. Kali ini Kota Kotamobagu masuk tiga besar nasional sebagai penerima penghargaan Sekolah Ramah Anak (SRA) Tahun 2018.

Buktinya,  tim penilai Sekolah Ramah Anak dijadwalkan akan berkunjung ke Kota Kotamobagu, Rabu (11/7), untuk melakukan verifikasi lapangan di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Kotamobagu.

“Mereka akan mengunjungi langsung sekolah untuk verifikasi lapangan. Tim penilai adalah gabungan dari Kementrian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak dan Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan,” kata Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DPPPA), Sitti Rafiqah Bora.

Pemerintah Kota (Pemkot) berkomitmen menjadikan Kota Kotamobagu sebagai kota layak, kata Rafiqa, hal  itu dibuktikan dengan hadirnya SRA.

“Pada dasarnya semua sekolah harus ramah anak. Namun konsep ini belum semua familiar, sama seperti sekolah sehat dan sekolah adiwiyata yang pada intinya memenuhi dan melindungi hak-hak anak di sekolah,” ungkapnya.

Kepala Dinas Pendidikan, Rukmi Simbala, mengakui komitmen Pemkot dalam menciptakan sekolah ramah anak, sudah mulai terlihat. Namu pemahaman dan implementasi perlu lebih dikuatkan lagi, yang tak hanya oleh para guru, melainkan juga semua siswa.

“Lingkungan yang cerdas menjadi salah satu faktor lainnya. Misalnya untuk bagian pelayanan dan kebersihan, mereka tidak boleh merokok di depan anak-anak, berpakaian rapih dan sebagainya,” ujarnya. (ddj)

Tags
Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
%d blogger menyukai ini: