AdvertorialBolmong

Wabup Buka Nikah Masal 80 Pasutri di Kecamatan Poigar

BOLMONG— Sebanyak 80 pasang suami istri, dinikahkan secara masal oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bolmong di desa Wineru, Kecamatan Poigar, Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong), Selasa (15/5). Pelaksanaan nikah masal itu dibuka langsung Wakil Bupati (Wabup) Yanny R Tuuk Sth MM.  Menurut Wabup, hal ini dilakukan pemerintah dalam membantu masyarakat kurang mampu yang ingin menikah. “Dengan begini, mereka sudah sah, dan miliki administrasi lengkap. Apalagi, mereka yang sudah tinggal bersama sudah seharusnya punya surat lengkap seperti buku nikah, sehingga tidak ada permasalahan dalam bermasyarakat,” jelasnya.
Sementara itu, Kepala Dinas Kependudukan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Bolmong Iswan Gonibala mengatakan, 80 pasang yang menikah saat ini, dari desa di kecamatan Poigar. Katanya, untuk yang menikah masal saat ini dari usia 20 sampai 60.  “Umur yang paling tertua 60-an tahun. Dan yang paling muda umur 20,” tuturnya.
Sementara  peserta nikah masal dari sebanyak 80 pasang itu, paling banyak  umut 40 sampai 50 tahun. Dan sebagian besar sudah memiliki cucu.   “Jadi, yang menikah saat ini tidak ada yang ganti pasangan atau cerai, kemudian menikah lagi. Semuanya baru pertama kali menikah. Penyebab banyaknya pasangan yang baru menikah di umur tua saat ini, kemungkinan dikarenakan ekonomi masyarakat atau kesibukan mereka,” katanya.
Dia menambahkan, kegiatan ini baru pertama kali di laksanakan pada 2018 ini dan gratis dan. “Untuk tahun ini rencananya 200 pasang nikah masal. Jadi yang sisanya 120 pasang akan menunggu pengajuan dari tiap desa. Karena awal Januari lalu bupati sudah menyurat ke kecamatan agar menginventarisasi pasangan-pasangan yang sudah diberkati tapi belum dilakukan pencatatan,” tutupnya. (Ind/Adv)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
%d blogger menyukai ini: