Kotamobagu

Kemiri Sumber Pendapatan Warga Bilalang II

Kemiri (foto : google)

PROBMR.COM, KOTAMOBAGU– Salah satu komodoti pertanian yang menjadi salah satu sumber pendapatan masyarakat Desa Bilalang II adalah tanaman kemiri.  Tak sedikit warga setempat yang mengandalkan hasil penjualan kemiri sebagai salah satu sumber pendapatan.

Hal inilah yang menjadi perhatian Pemerintah Desa Bilalang II, agar jumlah produksi dan kualitas bisa meningkat sehingga bisa memberikan nilai tambah bagi masyarakat.

“Ini adalah potensi yang harus dimanfaatkan dengan baik. Kami (red- pemdes) sementara mencari solusi bagaimana mengolah kemiri jadi produk siap pakai. Sekarang ini sampai sekarang masih digunakan sebagai bumbu
dapur,” kata Sekretaris Desa (Sekdes), Djafar Mokoagow, Rabu (14/03).

Potensi ini sangat besar, pasalnya lahan perkebunan kemiri di Desa Bilalang Bersatu tergolong luas. Rata-rata pohon kemiri itu katanya ditanam sejak puluhan tahun yang lalu.

“Bisa dikatakan kalau Desa Bilalang sebagai penghasil kemiri terbesar di Bolmong Raya. Kalau pengolahannya sudah baik, maka kemiri ini bukan hanya jadi bumbu masakan saja, tapi juga bisa untuk kebutuhan lainnya,” pungkasnya. (ddj)

Tags

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
%d blogger menyukai ini: