Bolmong

Terkendala Lahan, Pemkab Siap Tinjau SDN 1 Gunung Sari

BOLMONG–¬†Keberadaan Sekolah Dasar Negeri (SDN) I Gunung Sari Desa Bolingongot (Kanaan) Kecamatan Dumoga Timur Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong) terbilang belum merdeka. Kondisi bangunan tersebut bisa dibilang tidak memadai dan memprihatinkan.

Menurut Kepala Disas Pendidikan (Diknas) Djafar Paputungan melalui Kepala Seksi Guru dan Tenaga Kependidikan Paud Djon Adjmi menjelaskan, bangunan yang rutuh tersebut akibat bencana alam sehingga sekolah ini rusak. “Bangunan ini masi terkendala lahan, karena posisi bangunan berada di tebing. Jadi jika ada bencana dia bisa runtuh kembali,” ungkapnya (23/8).

Untuk renofasi sekolah ini kata dia, bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK). Tapi untuk renovasi tahun ini sudah tidak ada, sebab anggaran sudah diplotkan. “Perehaban sekolah ini masi dalam program. Kalau ada lahan yang representatif untuk pembangunan sekolah maka akan diusahakan,” ujarnya.

Ditambahkannya, proses untuk pembangunan lahan harus ada swadaya masyarakat dan lahannya juha harus dihibahkan. Sebab, untuk ganti rugi lahan ini tidak ada. “Jika lahannya ada dan msyarakat minta pembangunan sekolah makaa diknas akan usahakan. Minimal luas 0,6 hektar, sebelumnya tahun 2013 sudah dapat bantuan perbaikan. Tapi dengan kondisi alam sekolah ini berada di tebing jadi memungkinkan jika ada bencana bisa runtuh kembali,” jelasnya.

Sementara itu, Sekertaris Daerah (Sekda) Tahlis Gallang mengatakan, pihaknya akan segera turun melakukan pengecekan dengan kondisi dan kendala bangunan yang memprihatinkan ini. “Secepatnya kami akan turun mengecek sekolah itu. Ini berdasarkan program Bupati dan Wabup demi pendidikan yang lebih baik lagi di bolmong, maka kami akan usahakan anak-anak di bolmong bisa mengenyam pendidikan yang lebih baik lagi,” tutupnya. (Ind)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close