Bolmong

Ratusan Miliar Aset Bolmong Sudah ke Daerah Pemekaran

Yanny Ronny Tuuk STh MM
Yanny Ronny Tuuk STh MM

Bolmong Induk tak setengah hati membesarkan daerah yang dimekarkannya. Pasalnya, hingga saat ini Pemkab Bolmong sudah menyerahkan semua aset yang berada di empat daerah pemekaran yakni Kotamobagu, Bolsel, Boltim dan Bolmut. Sekda Bolmong Drs Farid Asimin MAP mengatakan, penyerahan seluruh aset kepada empat daerah pemekaran Bolmong Induk, merupakan tindaklanjut dari paripurna Dekab Bolmong tahun 2012 lalu soal penyerahan aset. Unsur prosedural penyerahan aset dengan melakukan penataan teknis administrasi kepada daerah pemekaran juga telah dilakukan.

Kepala Dinas Pendapatan, Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (DPPKAD) Drs Ashari Sugeha melalui Kabid Aset, Steven Tandayu mengatakan, teknis administrasi penyerahan aset termasuk kelengkapan dokumen juga sudah selesai.

“Terlebih dalam penganggaran pemeliharaan dan pengelolaan aset oleh daerah pemekaran terhadap aset yang telah diserahkan, sudah selesai,” kata Steven, kemarin.

Sementara itu, wakil bupati Yanny Ronny Tuuk STh MM mengatakan, penyerahan aset dan dokumen administrasi kepada daerah pemekaran memang wajib dilakukan. “Itu tidak boleh ditahan- tahan. Kewajiban kita menyerahkannya atau menghibahkannya,” singkat Tuuk.

Data didapat, aset yang diserahkan Pemkab Bolmong kepada empat daerah pemekaran tersebut jika ditaksir nilainya mencapai ratusan miliar rupiah. Meliputi tanah, tanah dan bangunan/gedung, peralatan dan mesin, jaringan irigasi, termasuk jembatan.

“Harusnya bisa ada aset yang tidak diserahkan tidak mengapa, seperti tanah atau bangunan yang dikemudian hari bisa dimanfaatkan pemkab. Seperti kantor perwakilan dan sebagainya,” kata Supandri Damogalad, aktivis pemuda Bolmong. (sal)

Jumlah dan Nilai Aset yang Diserahkan

  1. Kotamobagu: Jumlah Aset Yang Diserahkan 4029, taksiran nilai Rp59.826.266.217
  2. Boltim: Jumlah Aset Yang Diserahkan 2789, taksiran nilai Rp40.593.598.546
  3. Bolsel: Jumlah Aset Yang Diserahkan 4823, taksiran nilai Rp59.875.569.948
  4. Bolmut: Jumlah Aset Yang Diserahkan 2011, taksiran nilai Rp14.628.128.841

 

Sumber: Pemkab Bolmong

Tags

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
%d blogger menyukai ini: