Bolmong

Limi Lanjutkan PKS dengan Faperta Unsrat

BOLMONG – Pemerintah Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong) menggelar penandatanganan perjanjian kerja sama (PKS) dengan fakultas pertanian universitas Sam Ratulangi (Unsrat) Manado, di Fakultas Pertanian, Unsrat Manado, Selasa, (21/6/2022). Penjabat Bupati Bolmong Ir Limi Mokodompit MM mengatakan, PKS bersama Fakultas Pertanian Unsrat ini merupakan lanjutan kesepakatan sebelumnya, antara rektor Unsrat dan mantan bupati sebelumnya. Kesepakatan tersebut yang akan berakhir pada Juli mendatang. ”Karena berdampak baik untuk pertanian Bolmong, makanya kerjasama ini kami lanjutkan lagi,” kata Limi.

Lanjutnya lagi, PKS ini ke depan akan tetapi lebih bersifat strategis dan produktif. Sehingga dapat memiliki nilai tambah bagi petani dan masyarakat pertanian secara menyeluruh di wilayah Bolmong keseluruhan. ”Seperti yang kita ketahui, Bolmong merupakan daerah yang kaya akan sumber daya alam. Pastinya, sasaran kita ke depan untuk peningkatan produktivitas pertanian di Bolmong,” imbuhnya. Ia juga berharap, keterlibatan kalangan akademisi sampai pada tataran petani atau produsen produk – produk pertanian sudah menjadi keharusan, karena kampus punya sumberdaya yanhg mumpuni yang memastikan pembangunan pertanian akan lebih maju dan mandiri.

Di tempat yang sama, dekan fakultas pertanian Ir Dedie Tooy MSi PhD berterima kasih kepada Pj Bupati Bolmong Ir Limi Mokodompit MM, yang sangat fokus terhadap program pembangunan pertanian. ”Sektor pertanian, perkebunan dan perikanan memberikan kontribusi sekitar 40 persen Bolmong terhadap PDRB. Apalagi Bolmong mempunyai potensi besar sejumlah komoditi pertanian. Sebagai lumbung beras, produksi padi di Bolmong sangat tinggi, yakni sebanyak 370 ribu ton dalam satu tahun. Itu data ril,” Dedie. Pj Bupati Bolmong Limi Mokodompit turut didampingi Kadis Ketahanan Pangan I Wayan Mudiyasa, Kadis Perkebunan Tonny Toligaga, dan Sekretaris Pertanian Guliana Ponubu. (sal)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close