Boltim

Pemkab Siapkan 45 Juta Juta Untuk Lomba Lampu Monuntul

Boltim — Guna menyemarakan bulan Ramadhan pada tahun ini, Pemkab Boltim, mempersiapkan dana sebesar Rp 45 juta untuk lomba lampu hias dan lomba lampu “Monuntul” yang terbuat dari bambu dan botol.

Kepala Bagian (Kabag) Kesejahteraan Sosial (Kesos) Pemkab Boltim, Mahmud Mokoagow SPd, mengatakan pihaknya akan menggelar lomba tradisi monuntul atau memasang lampu hias menjelang tiga hari sebelum hari raya idul fitri. “Ini kegiatan tahunan Pemkab Boltim untuk mempertahankan budaya monuntul. Serta tradisi keagamaan yang sudah dilaksanakan turun temurun oleh warga Boltim, ” kata Mokoagow.

Kegiatan atau lomba lampu hias dan lampu monuntul ini diperlombakan  untuk desa, dan semua Masjid se Boltim untuk menampilkan keindahan lampu botol yang menggunakkan minyak tanah dan lampu hias yang bernuansi islami.
“Pemenang atau yang mendapatkan juara 1 akan mendapat Rp 10 juta, Juara 2 Rp 7,5 juta dan Juara 3 Rp 5 juta untuk masing-masing kategori baik antar desa dan antar masjid, ” terangnya.

Bagi desa yang ingin mendapatkan juara lomba ini, mulai sekarang mempersiapkan lampunya. Karena panitia akan turun empat hari sebelum lebaran. Panitia ini akan menilai posisi penataan dan keindahan lampu. “Harapan dilaksanakan kegiatan lomba ini, tidak lain karena untuk  mempertahankan tradisi dan menyemarakan bulan Ramadhan, ” ujarnya.(Sandy)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close