Bolmong

Banjir Tutup Ruas Jalan di Dondomon Bersatu

BOLMONG – Hujan deras yang mengguyur wilayah Dumoga Raya sejak Kamis (2/7) mengakibatkan ratusan pemukiman warga terendam banjir. Bahkan, jalan akses tiga desa di Dondomon Bersatu Kecamatan Dumoga Utara ditutup sementara. ”Banjir di desa kami disertai arus kecil dari sungai yang meluap. Jalan ditutup sementara hingga banjirnya surut,” kata Sangadi (kepala desa) Dondomon Selatan Jein Raintung.

Sementara, personil TRC BPBD Bolmong yang dipimpin Kabid Penanganan Darurat, Rafik Alamri mengatakan, penyebab banjir karena luapan Sungai Ongkag Dumoga “Luapan air sungai Ongkag karena curah hujan yang cukup tinggi. Rumah warga tergenang dengan ketinggian bervariasi antara 30 – 100 cm,” kata Rafik.

Menurutnya, dua bendungan besar yakni Toraut dan Kosinggolan juga kelebihan debit air dan meluap Desa Doloduo 1, Doloduo III, Toraut, Wangga Baru, Kosio, Dondomon Selatan dan Desa Dondomon. Seperti diketahui, Bolmong mengoleksi wilayah yang selalu menjadi langganan banjir dan tanah longsor. Seperti di wilayah Kecamatan Dumoga, Lolayan, Passi Bersatu dan Kecamatan Poigar. Sedangkan wilayah yang rawan terjadi abrasi pantai yakni di pantai utara. (sal)

Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
%d blogger menyukai ini: