AdvertorialBolmong

Pemkab Bolmong Siaga Cegah Penyebaran Virus Corona

BOLMONG – Seluruh pemerintah daerah mengambil langkah antisipatif guna mencegah penyebaranVirus Corona atau  Covid-19 lebih lanjut. Apalagi status Covid-19 kini menjadi Bencana Nasional Non-Alam. Pemerintah Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong), setelah Menteri Dalam Negeri dan Gubernur Sulut juga memberikan seruan.

Bupati Bolmong Yasti Soepredjo Mokoagow mengeluarkan beberapa intruksi dalam rangka mengantisipasi penyebaran virus Corona Covid 19, Sabtu (14/3), Intruksi itu mulai dari kalangan PNS di lingkungan Pemkab Bolmong untuk sementara waktu dilarang melaksanakan tugas di luar daerah baik di luar Propinsi Sulut maupun keluar kabupaten. Tugas yang memerlukan koordinasi dengan pihak luar, agar dapat memanfaatkan media teknologi seperti Internet, email, whatsapp, SMS, Instagram dan media lainnya.

Selain itu mengimbau masyarakat Bolmong agar sementara waktu tidak melaksanakan aktivitas perjalanan di luar daerah, seperti Manado dan sekitarnya. Mengimbau masyarakat agar untuk sementara waktu tidak melaksanakan kegiatan yang bersifat mengumpulkan orang banyak seperti hajatan (pesta nikah, dan syukuran lainnya) serta sedapat mungkin menghindari kontak langsung antar sesama seperti berjabatan tangan.

Begitu juga dengan perangkat OPD untuk sementara waktu agar tidak melaksanakan kegiatan mengumpulkan orang banyak untuk meminimalisir tingkat perkembangan penularan virus corona Covid 19. Pelaksanaan upacara Bendera atau apel kerja bersama PNS ditiadakan agar langsung melaksanakan aktivitas di kantor masing-masing setiap hari. Akan tetapi kehadiran serta pelayanan kepada masyarakat tetap dimonitor lewat media grup Whatsapp.

Mengimbau kepada masyarakat agar memperhatikan kebersihan lingkungannya dan menerapkan pola hidup sehat. Selain itu juga masyarakat diingatkan sering mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir atau dapat menggunakan Hand Sanitizer. Memakai masker bagi yang batuk, pilek ringan. Menutup hidung dan mulut saat batuk/bersin dengan tissue/tangan, menjaga jarak dalam bercakap-cakap, minimal 1 meter.

Segera ke fasilitas kesehatan, bila mengalami gejala seperti demam di atas 38 derajat, batuk pilek, gangguan pernapasan, sakit tenggorokan, letih dan lesu. Pengambilan keputusan itu untuk sementara guna mengamankan agar tidak tertular virus Corona.

Selain itu berbagai bentuk cara antisipasi dengan cara penyemprotan Disinfenktan disejumlah titik. Mulai dari ruang kantor, tempat ibadah serta bus  ASN. Namun, untuk ASN paramedis, dokter yang merupakan ASN maupun dokter PTT di Puskesmas di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Bolmong, tetap bekerja sesuai dengan pedoman yang berlaku di lingkungan kerja masing-masing. Pencegahan itu juga Pemkab Bolmong telah menyediakan aplikasi untuk kerja ASN dengan rapat jarak jauh. (sal/adv)

Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
%d blogger menyukai ini: