Bolmong

Pemkab Optimis Produksi Gabah Tercapai

Aktivitas petani Bolmong.

BOLMONG – Pemerintah Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong) tetap optimis dengan target produksi gabah kering, walaupun di tengah pandemi covid-19. Kepala Dinas Pertanian Bolmong Remon Rattu mengatakan, untuk hasil produksi palawija khusus gabah atau beras tidak diragukan lagi. “Untuk tahun ini ada kenaikkan, jika kemarin hanya sekira 340 ribu ton. Tahun ini target kita sudah pada angka 360 ribu ton,” ungkapnya.

Lanjutnya lagi, selain produksi gabah dari sawah milik petani yang sudah ada, target capaian ini juga terbantukan dengan cetak sawah yang dilakukan pemerintah yakni sebesar 40 ribu hektar. “Kami Optimis bisa capai. Komitmen Pemkab Bolmong terutama mensukseskan visi-misi bupati dan wakil bupati saat ini,” ujarnya.

Terkait dengan bencana banjir yang melanda beberapa wilayah di Kabupaten Bolmong. menurut Remon tidak berpengaruh menurunkan produksi gabah. “Kita sudah mulai Identifikasi. Kecamatan Lolayan dan Dumoga bersatu aman. Jika baru tanam tentu tidak bisa diselamatkan, tapi yang di atas dua bulan masih bisa panen. Karena ada yang hanya bersifat genangan, jadi semua produksi pertanian termasuk gabah atau beras dan jagung tidak diragukan lagi,” pungkasnya. Ia juga mengakui, ada penghapusan anggaran DAK tahun ini untuk menangani penyebaran Virus Corona, karena hanya diprioritaskan untuk sektor kesehatan dan pendidikan.(sal)

Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
%d blogger menyukai ini: