Bolmong

Yarlis: Proyek Waduk Pindol Prioritas Nasional

BOLMONG – Pembangunan waduk pindol menjadi prioritas pemerintah pusat. Bahkan, dalam kunjungannya kemarin, wakil menteri PUPR John Wempi Wetipo mengatakan proyeknya akan selesai akhir tahun 2021 mendatang.

Kepala Badan Perencana dan Pembangunan Daerah (Bappeda) Bolmong Yarlis Awaludin Hatam mengungkapkan, dari semua program prioritas nasional pusat di Sulut, Bendungan Lolak jadi salah satunya. Terbagi dalam 10 prioritas nasional, 30 program prioritas dan 150 kegiatan prioritas. Dijelaskan, penyusunan kebijakan daerah harus disesuaikan dengan tahapan Rencana Kerja Pemerintah (RKP) dan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD). Berdasarkan hasil Musrenbang tingkat desa, kecamatan hingga kabupaten, kesemuanya disesuaikan dengan rancangan awal Rencana Kerja Pemerintah (RKP).

Diantaranya, pendidikan meliputi pendidikan vokasi, pendidikan kualitas guru, kesehatan, perumahan dan pemukiman, pengembangan dunia usaha dan pariwisata, ketahanan energi, ketahanan pangan, penanggulangan kemiskinan, infrastruktur, konektivitas dan kemaritiman, pembangunan wilayah, politik hukum pertahanan dan keamanan.

“Dimana dari program nasional tersebut, prioritas utama untuk Kabupaten Bolmong yakni Bendungan Lolak. Sehingga dibutuhkan sinergitas teknis antar instansi seperti dinas pertanian, perkebunan untuk pencapaian target sasaran nasional,” kata Yarlis.

Lanjutnya lagi, program harus sinkron dengan Rencana pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN), Rencana pembangunan Jangka Menengah daerah (RPJMD) provinsi, kabupaten/kota sehingga mempermudah akses distribusi anggaran. “Karena sesuai dengan Rencana Kerja pemerintah yang terkonektivitas secara nasional,” tandasnya. (sal)

Tags
Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
%d blogger menyukai ini: