BMRKotamobagu

RTH di Kotamobagu Potensi Sumbang PAD

KOTAMOBAGU – Ruang Terbuka Hijau (RTH) di Kota Kotamobagu menjadi aset yang sangat potensial menyumbang Pendapatan Asli Daerah (PAD).

Masuknya RTH ke dalam daftar aset yang potensial menyumbang pendapatan bagi kas daerah, diungkapkan Ketua Badan Pembentukan Peraturan Daerah (Bapemperda) DPRD Kotamobagu, Anugrah Begie Chandra Gobel. “RTH itu bisa disewakan untuk kegiatan-kegiatan, seperti pameran atau konser musik,” ungkap Begie belum lama ini.

Di Kotamobagu sendiri, saat ini terdapat sejumlah lokasi RTH. Beberapa di antaranya bahkan telah disentuh oleh pemerintah melalui program padat karya. Sebut saja Lapangan Boki Hontinimbang (alun-alun Kotamobagu), Lapangan Torotakon di Kelurahan Mogolaing, Lapangan Molinow, atau Lapangan Aruman di Kelurahan Motoboi Kecil. Ada pula lapangan di Kelurahan Sinindian yang rutin disewa oleh pihak swasta, untuk iven-iven hiburan rakyat.

Seperti diketahui, DPRD Kotamobagu melalui Bapemperda pada awal bulan ini, mengumpul dan menggelar pertemuan bersama dengan sejumlah Organisasi Perangkat Daerah (OPD) pengelola aset daerah. Pertemuan tersebut terkait agenda pembentukan Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) Retribusi Pemakaian Kekayaan Daerah. “Ranperda yang sedang digodok ini, merupakan rangkuman dari beberapa perda retribusi yang sudah ada sebelumnya,” sebut Begie.

Ia kemudian menunjuk contoh Perda Retribusi Sewa Alat Berat dan Laboratorium yang ditangani Dinas PUPR, serta Perda Retribusi Sewa Rusunawa yang dikelola Dinas PRKP. Dua perda tersebut, menurut dia, nantinya akan dilebur menjadi satu perda. “Hal ini sejalan dengan seruan Presiden Joko Widodo beberapa waktu lalu, agar pemerintah daerah dan DPRD harus merampingkan jumlah perda,” ucapnya.

“Lebih dari itu, penyusunan Ranperda Retribusi Pemakaian Kekayaan Daerah ini juga, merupakan amanat Undang-Undang Nomor 28 Tahun 2009 tentang Pajak Daerah dan Retribusi Daerah,” tambah Begie.

(Yyn)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
%d blogger menyukai ini: