BMRPolitik

Maksimalkan Waktu Penyempurnaan DPTHP-2, KPU Kunjungi Rutan Kotamobagu

Suasana pertemuan KPU dan Kepala Rutan Kotamobagu serta Bawaslu Kotamobagu.

PROBMR.COM, KOTAMOBAGU – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Kotamobagu langsung menindaklanjuti hasil keputusan rapat pleno terbuka rekapitulasi nasional penyempurnaan Daftar Pemilih Tetap (DPT) yang memutuskan memperpanjang masa pencermatan dan pemnyempurnaan Daftar Pemilih Tetap Hasil Perbaikan-2 (DPTHP-2).
Salah satu yang dilakukan KPU Kota Kotamobagu bersama Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) KK adalah meminta data terbaru pemilih di Rumah Tahanan (Rutan) Kelas II B Kotamobagu.

Ketua KPU Kota Kotamobagu Iwan Manoppo bersama Komisioner KPU KK Asep Sabar dan Yokman Muhaling bersama Pimpinan Bawaslu KK Ivan Tandayu pun langsung mengunjungi Rutan Kelas II B Kotamobagu, Kamis (22/11).

Rombongan KPU KK dan Bawaslu KK itu diterima langsung Kepala Rutan Kelas II B Kotamobagu, Anton Heru Susanto.
Anton mengatakan, untuk kepentingan Pemilu, pihaknya juga proaktif memberikan data pemilih di Rutan kepada penyelenggara Pemilu.

“Beberapa waktu lalu kami juga sudah pernah mengantarkan data pemilih di Rutan Kelas II B Kotamobagu kepada KPU KK,” katanya.

Ketua KPU KK Iwan Manoppo mengapresiasi pimpinan dan jajaran pegawai Rutan Kelas II B Kotamobagu yang ikut membantu penyelenggara Pemilu dalam hal ketersediaan data pemilih di Rutan tersebut.

“Karena ini menyangkut hak warga untuk memilih yang harus dipenuhi. Kami mengapresiasi pimpinan dan pegawai Rutan Kelas II B Kotamobagu yang proaktif dalam koordinasi menyangkut pemilih di Rutan ini,” ujarnya.

Ketua Divisi Perencanaan, Data dan Informasi KPU KK Yokman Muhaling mengatakan, kegiatan itu dilakukan guna memaksimalkan perpanjangan masa kerja penyempurnaan DPTHP sesuai keputusan rapat pleno nasional pada, Kamis (15/11) pekan lalu.

“Data pemilih di Rutan harus kita perbaharui karena bisa saja ada yang baru masuk atau ada yang sudah bebas dan kembali ke desa dan kalurahannya,” katanya.

Komisioner KPU KK Asep Sabar menambahkan dalam penyusunan DPT, pihaknya berpegang pada prinsip keterbukaan, akuntabilitas dan partisipatif.

“Untuk itu kami harapkan semua pemangku kepentingan termasuk masyarakat itu sendiri agar proaktif menghubungi petugas kami di desa kelurahan jika memang merasa belum masuk dalam DPTHP,” ujarnya.

Usai kunjungan ke Rutan, KPU KK melanjutkan kegiatan penyerahan data DPTHP-2 kepada Bawaslu KK dan Parpol peserta Pemilu di Kantor KPU KK. Pimpinan Bawaslu KK Ivan Tandayu beserta sejumlah perwakilan Parpol mengikuti kegiatan penyerahan data DPTHP-2 tersebut. (kpu/ddj)

Tags
Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Check Also

Close
Back to top button
Close
%d blogger menyukai ini: