Politik

KPU Kotamobagu Tetapkan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Terpilih

Ketua KPU Kotamobagu, Nova Tamon didampingi anggota menyerahkan berita acara penetapan pasangan calon walikota dan wakil wali kota terpilih Kotamobagu yang diterima wakil wali kota terpilih Nayodo Koerniawan.

PROBMR.COM, KOTAMOBAGU – Setelah berkonsultasi secara berjenjang serta menunggu Rekomendasi dari Mahkamah Konstitusi (MK) akhir tahapan Pilkada 2018, KPU Kota Kotamobagu akhirnya menetapkan Paslon Terpilih Pilkada Kota Kotamobagu Tahun 2018, Kamis (26/04/18).
“Namun, perlu dipahami bahwa aturan yang berlaku sekarang berbeda dengan yang sebelum-sebelumnya. Kalau dulu begitu Pleno Rekapitulasi Perolehan Surat Suara langsung dilanjutkan dengan penetapan paslon terpilih, tapi sekarang tidak lagi,” jelas Nova Tamon, Ketua KPU Kota Kotamobagu sebelum membacakan Berita Acara (BA) Penetapan Paslon Terpilih.

Menurut Nova, ketentuan yang berlaku sekarang semua pihak tetap harus menunggu rekomendasi dari MK, meski pada kenyataannya tidak ada gugatan. “Karena itu kami harus klarifikasi kembali informasi bahwa KPU KK sengaja mengundur waktu penetapan, itu sama sekali tidak benar. Sesuai tahapan dan jadwal, waktu penetapan paslon terpilih ada tiga hari, yaitu dari tanggal 24, 25 dan 26 Juli 2018, dan hari ini merupakan waktu terakhir.”

Amir Halatan, anggota KPU Kota Kotamobagu yang didaulat membacakan BA penetapan paslon terpilih mengatakan bahwa KPU Kota Kotamobagu menetapkan Tatong Bara dan Nayodo Koerniawan sebagai Pasangan Calon (Paslon) Wali Kota dan Wakil Wali Kota Kotamobagu terpilih Periode 2018-2023.

Hal itu pun diperkuat lagi dengan Surat Keputusan (SK) Penetapan yang dibacakan langsung Nova Tamon. Menurut dia, berdasarkan Keputusan KPU Kota Kotamobagu Nomor 107/PL.03.7-Kpt/7174/KPU-Kot/VII/2018 tentang Penetapan Pasangan Calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota terpilih dalam pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Kotamobagu tahun 2018, Paslon Nomor Urut 1 atas nama Tatong Bara dan Nayodo Koerniawan (TBNK), ditetapkan sebagai Wali Kota dan Wakil Wali Kota terpilih dengan perolehan suara sebanyak 37.408 (57,62 persen) dari total suara sah.

Usai penetapan tersebut, menurut Asep Sabar, anggota KPU Kota Kotamobagu, pihaknya akan segera melaporkan hasil pleno ini ke KPU Provinsi Sulawesi Utara dan KPU RI di Jakarta. “Mudah-mudahan dalam waktu dekat ini kami segera melapor.” (ddj/kpu)

Tags
Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Check Also

Close
Back to top button
Close
%d blogger menyukai ini: