EkonomiKotamobagu

Pertamini Pilihan Unit Usaha BUMDes Kopandakan I

Tampak unit usaha Pertamini milik BUMDes Kopandakan I.

PROBMR.COM, KOTAMOBAGU— Dari beragam usaha yang menjadi pilihan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes). Desa Kopandakan I, Kecamatan Kotamobagu Selatan, memilih Pertamini sebagai salah satu unit usaha BUMDes.

Unit usaha tersebut diharapkan bisa menopang perekonomian dan memberikan nilai tambah bagi pendapatan desa. Selain itu bisa memberikan kemudahan bagi warga Kopandakan I dan sekitarnya memenuhi kebutuhan bahan bakar umum.

Menurut bendahara Desa, Gita Ongking, usaha pertamini tersebut dialokasikan pada anggaran dana desa Tahun 2017 lalu.

“Penyertaan Modal untuk BUMDes sebesar 150 Juta. Anggaran ini terbagi pada empat kegiatan, yakni Pertamini, penjualan kue, pembuatan pangkalan gas LPG dan peternakan ayam kampung,” ungkapnya, saat ditemui di balai Desa Kopandakan I, Selasa (17/4).

Sementara itu, Kepala desa Kopandakan I Muslim Tungkagi mengatakan, usaha Pertamini tersebut merupakan hasil keputusan bersama masyarakat melalui musyawarah desa.

“Kami berharap usaha ini bisa mendapatkan hasil yang baik. Tentunya juga dengan adanya usaha Pertamini ini diharapkan bisa menambah Pendapatan Asli Desa (PAD). Muda-mudahan usaha ini bisa berjalan dengan baik,” katanya.

Ia menjelaskan, target usaha ini adalah pengguna jasa Pertamini. Mulai dari pedagang, sopir bentor, tukang ojek hingga pengguna sepeda motor yang melintas.

“Karena baru tahun ini dikembangkan, kami menyediakan dulu satu unit mesin Pertamini, dan mudah-mudahan dalam waktu dekat  ini segera diresmikan. Target kami mulai jalan pada akhir bulan ini. Jika usaha ini berhasil tidak menutup kemungkinan pada tahun berikut kita akan menambah lagi modal BUMDes dan menambah unit pertamini,” terangnya.

Untuk hasilnya, kata Tungkagi sudah diatur dalam Peraturan Desa (Perdes). “Pembagian hasil usaha ini persentasenya sudah kami atur dalam peraturan desa,” tutupnya. (ddj)

Tags

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Check Also

Close
Back to top button
Close
%d blogger menyukai ini: