BMRKotamobagu

Kopandakan I Kans Terima Dandes Tahap II Paling Awal

 

Rafiqa Bora
Rafiqa Bora

ProBMR, Kotamobagu–  Meski Pencairan Dana Desa (Dandes) tahap dua masih menunggu anggaran dari pemerintah pusat. Desa Kopandakan I, berpeluang lebih awal akan menerima Dana Desa lebih awal dibandingkan Desa yang lain. Menurut Kepala BPMD dan PP, Rafiqa Bora,  melalui  Kepala Bidang Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Kota Kotamobagu, Hamdan Monigi, Desa Kopandakan I  terinformasi telah menyerap anggaran Dandes tahap satu lebih dari lima puluh persen. “Baru Desa Kopandakan I. Tetapi,  jika mau mengusulkan, harus melampirkan realisasinya,” tambah Hamdan.

Dirinya menambahkan,  pihaknya tengah menyusun laporan untuk dimasukkan ke pemerintah pusat soal penyaluran Dandes tahap dua ini. “Masih menyusun laporan, tetapi untuk proses Dandes ini tetap berlangsung di bulan Agustus,” ungkap Hamdan, Rabu  (13/7 kemarin.

Sebelumnya, Dinas Pengelolaan Pendapatan Keuangan dan Aset Daerah (DPPKAD) menegaskan siap untuk menyalurkan hak dari 13 desa tersebut asalkan melengkapi administrasi yang telah diatur. Kepala Bidang Verifikasi dan Perbendaharaan DPPKAD, Syafrufin Abas  menungkapkan, pengajuan untuk tahap dua atau pencairan 40 persen ini harus melewati mekanisme, yakni dengan menunjukkan realisasi penggunaan Dandes sebelumnya, atau tahap satu sebesar 60 persen.

“Kalau SPJ-nya lengkap, kita akan proses. Tahap keduanya ini bisa dilakukan pada bulan Agustus mendatang. Minimal 50 persen realisasi tahap satu, setiap desa sudah bisa mengajukan permintaan pencairan tahap kedua. Jadi tidak lagi menunggu anggaran tahap satu habis. Ini dimaksudkan agar pekerjaan yang sedang berlangsung tidak terhenti karena anggarannya habis,” ungkap Abas beberapa waktu lalu. (ddj)

 

Tags

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close