Nasional

Jokowi Tetapkan 1 Juni Hari Lahir Pancasila

presiden jokowi

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menandatangani surat keputusan presiden terkait penetapan 1 Juni sebagai Hari Lahir Pancasila.

“Tanggal 1 Juni diliburkan dan ditetapkan jadi Hari Lahir Pancasila lewat keputusan presiden,” ujar Jokowi saat menutup sambutannya dalam Peringatan Pidato Bung Karno 1 Juni 1945 di Gedung Merdeka, Bandung, Rabu (1/6). Acara ini dihadiri, antara lain Ketua MPR Zulkifli Hasan, Ketua DPR Ade Komarudin, Presiden Kelima Indonesia Megawati Soekarnoputri, serta Wakil Presiden ke-11 Indonesia, Boediono.

Sebelumnya, Jokowi menyatakan keberadaan Pancasila sebagai dasar negara merupakan sebuah anugerah. Berkat Pancasila, Indonesia sebagai negara dengan penduduk Muslim terbesar dan memiliki 17.000 pulau, serta beragam latar belakang rakyatnya, namun tetap bisa hidup bersama dan membangun toleransi.

“Tidak ada alasan bagi kita buat tidak optimistis menyongsong masa depan. Harus percaya diri kalau kita bisa mengatasi semua permasalahan dalam menuju kemajuan,” tegas Jokowi.

Presiden yang mengawali kariernya sebagai pengusaha ini memaparkan tantangan dan tatanan kehidupan dunia global telah berubah. Negara-negara maju, sambung Jokowi, terkoyak toleransinya, solidaritas sosialnya terbelah, ketertiban sosialnya mulai terganggu dihantui terorisme, ekstremisme.

“Mereka juga goyah dalam mengelola keberagaman dan perbedaan. Mereka sedang mencari referensi dan nilai-nilai dalam tantangan dan tatanan ini. Kita beruntung dan menjadi referensi negara. Semua terjadi karena kita mempunyai Pancasila,” kata Jokowi.

 

 

 

sumber:beritasatu.com

Tags

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
%d blogger menyukai ini: