Bolmong

Limi Lepas 78 JCH Bolmong

BOLMONG – Penjabat (Pj) Bupati Bolaang Mongondow (Bolmong), Ir Limi Mokodompit MM resmi melepas keberangkatan 78 Jamaah Calon Haji (JCH), musim Haji 1445 Hijriah, 2024 Masehi, Selasa (14/6/2024). Kepala Kementerian Agama Kabupaten Bolmong Hi Shabri Bora mengatakan jumlah calon jamaah haji sebanyak 78 orang. “Untuk laki – laki sebanyak 52 orang perempuan 26 orang, dan pemberangkatan musim haji tahun ini sudah dilepas secara resmi Wakil Gubernur Steven OE Kandouw kemarin,” katanya. Ia menyampaikan, untuk jumlah calon jamaah haji tahun ini secara keseluruhan di Sulawesi Utara sebanyak 713 orang. “Bolmong untuk jatah 78 orang peserta calon jamaah haji, ada satu orang calon jamaah haji dalam kondisi sakit berat. Insya Allah cepat sembuh akan di berangkatkan calon jamaah haji di kloter lainnya,” ungkap Bora.

Sementara JCH Bolmong, akan diberangkatkan Kamis 16 Mei 2024. Selanjutnya akan menginap semalam di asrama haji Tuminting Manado. Kemudian tanggal 18 akan diberangkatkan di Embarkasi Balikpapan, selanjutnya berangkat ke Arab Saudi. Dijelaskan, untuk tahun ini bagi JCH diutamakan kemampuan fisik kesehatannya yang didahulukan dan pelunasan biaya jamaah haji. “Jika sudah dinyatakan sehat kemudian peserta melunasi biaya haji, tapi 78 calon jamaah haji dinyatakan petugas kesehatan dalam keadaan sehat,” ungkap Bora. Menurut Bora, kita patut bersyukur sebab sejak dipimpin Pj Bupati Bolmong Limi Mokodompit, dianggarkan dalam APBD untuk uang saku jamaah haji sebesar Rp 2,6 juta lebih per jamaah. Bupati Bolmong Ir Limi Mokodompit MM, berpesan kepada JCH Bolmong untuk dapat menjaga kondisi fisik dan mental, mengatur waktu, menjaga kesehatan dan minum yang cukup. “Untuk dapat memperhatikan arahan petugas haji, dan dapat menjaga citra daerah, bangsa dan negara, saling menolong. Terus memperbanyak baca amalan sunah baik di mekah dan Madina. Semoga menjadi predikat haji yang mabrur,” harap Bupati.

Bupati mengatakan tahun ini Pemerintah menganggarkan sedikit uang saku semoga tahun – tahun mendatang akan meningkat lagi, dan semoga JCH yang berangkat ini dalam keadaan sehat, di beri kekuatan dan kemudahan dalam menjalankan ibadah haji. “Kembali dalam keadaan sehat walafiat. Selamat menunaikan ibadah haji jamaah calon haji,” ucap Bupati. Ia pun meminta beberapa hal yang bisa didoakan di daerah ini, diantaranya berikan keberkahan, dijauhkan bencana, jauhkan dari perpecahan sesama saudara, jauhkan perselisihan pada pesta demokrasi, diberi kesehatan, kekuatan, dan lebih damai. Diketahui, Jamaah haji yang tertua atas nama Bondeng Binti Muhammad Saide umur 89 tahun desa cempaka kecamatan Sangtombolang. Sedangkan termuda Evi Elvianingsih umur 26 tahun desa diat kecamatan Lolak. Turut hadir Forkopimda, Pimpinan OPD, staf ahli Bupati, staf khusus Bupati, Ketua Bawaslu Radikal Mokodompit. (sal)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Check Also

Close
Back to top button
Close