Kotamobagu

Bapelitbangda Gelar FGD Soal Lingkungan

Foto bersama para narasumber dan peserta FGD RPJMD.

PROBMR.COM, KOTAMOBAGU- Untuk melangkapi dokumen Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) tahun 2018-2023, maka Pemerintah Kotamobagu melalui Bapelitbangda, menggelar acara Forum Discussion Group (FGD) mengenai Kajian Lingkungan Hidup Strategis (KLHS), Rabu (17/10/2018) di ruang Aula Bapelitbangda.

Menurut Kepala Bapelitbangda, Sofyan Mokoginta,  kepala daerah yang baru saja dilantik,  wajib menyusun dan menetapkan dokumen Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD), Dokumen RPJMD ini harus di dukung dengan KLHS.

”Diberlakukannya KLHS bertujuan mengidentifikasi dampak penting lingkungan untuk proses pengambilan keputusan, kebijakan, rencana, atau program sehingga mengarah pada terwujudnya pembangunan berkelanjutan,” jelas Sofyan.

Dalam pertemuan kedua dalam pembahasan KLHS diharapkan semua SKPD juga hadir agar bisa membahas secara lebih detail permasalahan yang ada di dalam SKPD untuk mendapatkan issu strategis.

“Issu strategis nanti akan dihimpun dan dikaji agar bisa digunakan untuk menyusun dokumen KLHS bersamaan seiring penyusunan RPJMD juga,” ungkap Sofyan.

Sementara itu, Dr. Ir. Veronica A Kumurur M.Si dalam acara FGD sebagai Pemateri mengatakan bagaimana berfikir secara strategis terhadap Rencana RPJMD Kota Kotamobagu dapat berkelanjutan.

“Berkelanjutan ini tidak hanya abstrak tapi bisa diukur dengan daya dukung dan daya tampung lingkungan hidup. Sehingga meningkatkan manfaat pembangunan rencana dan implementasi pembangunan lebih terjamin keberlanjutannya,” ucap Veronica. (*)

 

 

Tags
Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
%d blogger menyukai ini: