Bolmong

Masyarakat Diminta Proaktif Awasi Penggunaan Dandes

Rio Lombone
BOLMONG—  Partisipasi masyarakat dalam pengawasan, mulai dari proses perencanaan hingga penggunaan Dana Desa (Dandes) sangat diperlukan. Ini untuk mencegah adanya penyimpangan oleh oknum tak bertanggungjawab, dalam pengelolaan Dandes di desa.
Rio Lombone Kepala Inspektorat Daerah Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong) mengatakan, masyarakat harus proaktif dalam melakukan pengawasan seperti ini. “Kehadiran masyarakat dapat meminimalisir terjadinya penyimpangan, dan jika masyarakat menemukan adanya indikasi bisa melaporkan ke Inspektorat. Sampaikan dalam bentuk surat dan tim Inspektorat akan turun melakukan pemeriksaan,” ungkapnya.
Dia menjelaskan, sebenarnya Dandes yang dikucurkan Pemerintah Pusat ke setiap desa, perlu diantisipasi dengan pengawasan yang tidak hanya dilakukan oleh aparat penegak hukum ataupun instansi teknis Pemerintah Daerah. “Keterlibatan masyarakat dalam proses pengawasan penggunaan serta pembangunan yang mengunakan Dandes sangat diperlukan,” katanya.
Lanjutnya, pihaknya telah membuka layanan pengaduan masyarakat terkait dengan penggunaan serta pengelolaan Dandes yang ada di 200 Desa se-Bolmong. “Kami membuka layanan aduan. Apalagi, saat ini tim Inspektorat sedang melakukan pemeriksaan realisasi Dandes tahun 2017,” katanya mengakhiri. (Ind)
Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
%d blogger menyukai ini: