Bolmong

Bangun Kesadaran Kesehatan Usia Dini, 42 Siswa SD Ikuti Pelatihan Dokter Kecil

BOLMONG— Pendidikan dan pengenalan untuk membangun kesadaran tentang pentingnya kesehatan sejak usia dini sangatlah penting. Itu sebabnya Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bolaang Mongondow (Bolmong) melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) menggelar pelatihan dokter kecil. Kegiatan itu dilaksanakan di Gedung Farmasi Lolak Rabu (25/4).
Kepala Dinkes Bolmong Sahara Albugis melalui Sutami Potabuga, SST selaku Panitia Pelaksana Bidang Sumber Daya Kesehatan (SDK), mengatakan, pelatihan dokter kecil dilakukan kepada siswa yang masih duduk di kelas 4, 5 dan 6 Sekolah Dasar (SD). “Jadi, mereka dilatih untuk melakukan sebagian usaha pemeliharaan dan peningkatan kesehatan terhadap diri sendiri dan juga lingkungan yang ada disekitar,” ungkapnya.
Dia menambahkan, tujuan kegiatan ini untuk peningkatan partisipasi siswa di sektor kesehata. Sehingga, kesadaran tentang kesehatan sudah dibangun sejak mereka masih dibawa umur.  “Dengan beginu, nantinya mereka bisa menjadi penggerak hidup sehat, baik dilingkungan sekolah dan di rumah masing-masing, terlebih untuk diri sendiri,” tambahnya.
Lanjutnya, dalam pelatihan kali ini ada juga sesi tanya jawab, sekaligus dilaksanakan tes pertanyaan. “Ada hadiah untuk peringkat 1, 2 dan 3. Semoga pengetahuan yang diberikan akan dipahami dan mengerti, serta bisa dipraktekkan. Kami berupaya agar kegiatan positif seperti ini akan dilaksanakan setiap tahun,” jelasnya.
Sementara itu, salah satu peserta, yakni Nurul Fitra Paputungan, siswa kelas 4 SDN 1 Mongkoinit sangat senang saat senang mengikuti pelatihan dokter kecil ini. “Sangat senang, mengikuti kegiatan, boleh belajar tentang pentingnya kesehatan, baik diri sendiri maupun orang lain,”  singkatnya.
Diketahui, pelatihan Dokter Kecil dari Dinkes Bolmong digelar selama dua hari mulai 24-25 April 2018, serta melibatkan pemateri dari Dinkes Provinsi Sulut. (Ind)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close