Boltim

Prajab dan Diklat Gratis, Dibebankan ke APBD 2015

Drs Darwis Lasabuda
Drs Darwis Lasabuda

BOLTIM — Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Boltim, pada awal bulan februari 2015 ini, akan menggelar Pendidikan dan Pelatihan (Diklat), Pra Jabatan (Prajab) bagi CPNS yang lolos Kategori dua (K2) dan CPNS yang masuk lewat jalur umum 2013 lalu. Kepala Badan Kepegawaian dan Diklat Daerah (BKDD) Boltim, Drs Darwis Lasabuda, kepada wartawan media ini, mengatakan, pelaksanaan diklat tersebut akan berlansung selama satu bulan bertempat di Sanggar Kegiatan Belajar (SKB) Tutuyan. “Sudah dijadwalkan bulan depan, nantinya peserta CPNS K2 akan digabung dengan CPNS umum, namun untuk peserta K2 hanya mengikuti diklat selama 6 hari saja hal ini karena mereka sudah terlatih sejak menjadi tenaga Honor Daerah (Honda), jadi sudah cukup mengetahui terkait kepegawaian,” ungkap Darwis.
Lanjutnya, Pemkab telah menyiapkan anggarann senilai Rp 1,6 miliyar melalui APBD 2015 boltim, untuk diklat Prajab tersebut. “Jadi peserta Prajab tidak dipungut biaya karena semuanya ditanggung pemkab,” tuturnya.
Darwis menambahkan selain prajab, pihaknya juga tahun 2015 ini akan menggelar diklat Kepemimpinan (PIM) bagi pejabat yang ada di eselon II, III, dan IV. “Anggarannya sekitar Rp 900 juta lebih melalui APBD 2015 juga, tujuannya untuk peningkatan kualitas sumber daya aparatur, dimana para pejabat tersebut akan mendapatkan penambahan wawasan, pengetahuan serta tugas pokok dan fungsi (Tupoksi),” tutur Darwis.
Ada pun jumlah pejabat yang akan mengikuti diklat PIM tersebut 40 orang, yang terdiri dari eselon II 7 orang, eselon III 8 orang dan eselon IV 30 orang. ” Untuk PIM IV akan digelar sekitar bulan juli ini di SKB tutuyan, sedangkan PIM II di Lembaga Administrasi Negara (LAN) di Jakarta, dan PIM III akan bergabung dengan diklat propinsi untuk waktu pelaksanaan PIM II dan PIM III akan menyesuaikan dengan jadwal dari LAN dan diklat propinsi,” tutup Darwis. (Sandy)

Tags

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
%d blogger menyukai ini: