Feature

Besok, Mars Berada di Jarak Terdekatnya dengan Bumi

planet mars

Mars akhirnya kembali berada di jarak terdekatnya dengan Bumi dalam kurun waktu 11 tahun terakhir pada 31 Mei esok di pagi hari.

Sejatinya dari pengamatan para astronom Mars akan mendekat ke Bumi pada 30 Mei ini pukul 21.00 waktu EDT. Namun jika berdasarkan waktu lokal di sini, peristiwa ini akan berlangsung pada pukul 8.00 WIB esok hari, 31 Mei 2016.

Secara perhitungan, Mars berada di jarak terdekatnya yakni 76 juta kilometer dari Bumi. Namun ia akan tetap dekat selama sekitar 2 minggu di jarak 77,2 juta kilometer sampai 12 Juni mendatang.

Mars dan Bumi secara berkala mendekat ke orbit satu sama lain setiap 26 bulan sekali, namun jarak terdekatnya selalu beragam karena dua planet ini memiliki orbit yang berbentuk bulat panjang.

Mengutip Space.com, Mars sangat terang saat mendekati Bumi sehingga kabarnya bisa diamati dengan mata telanjang dari Bumi. Para ilmuwan meyakini, Mars akan terlihat berwarna merah menyala layaknya diteliti dari teropong.

Mars pernah berada di jarak terdekat dengan Bumi pada 2003 karena posisi orbitnya berlawanan, yakni ketika Matahari, Bumi, dan Mars berada sejajar.

Posisi tersebut diberi nama “perihelic oppositions” yaitu ketika Mars berada di jarak terdekatnya dengan Matahari dan Bumi dalam waktu yang bersamaan. Menurut pakar antariksa Joe Rao, kejadian ini juga langka, yakni sekitar 15 sampai 17 tahun sekali.

 

 

sumber:cnnindonesia.com

Tags

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
%d blogger menyukai ini: