Bolmong

Tekan Angka Putus Sekolah Hingga 707 Siswa, IPM Bolmong Capai 66,8

Renti Mokoginta

BOLMONG– Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bolmong, melalui Dinas Pendidikan (Disdik) Bolmong, terus menekan angka putus sekolah di Kabupaten Bolmong.

Berdasarkan data yang diolah tahun 2017 oleh Disdik Bolmong, angka Siswa Putus Sekolah (SPS) di Kabupaten Bolmong, mencapai 927 orang, yang terdiri dari berbagai jenjang pendidikan.

Sedangkan, di tahun 2018 Disdik bolmong berhasil menekan angka SPS menjadi 220 dari berbagai jenjang pendidikan. “Ya, terdata tahun 2017 angka SPS itu mencapai 927, namun di tahun 2018 angka SPS menurun hingga 220. Ini menandakan 707 siswa sudah lanjut sekolah,” ungkap Kepala Disdik Bolmong, Renti Mokoginta. Rabu (23/1).

Menurutnya, penurunan yang terjadi, secara signifikan, karena Disdik Bolmong merangkul SPS untuk mengikuti program ujian paket A, atau setara dengan Sekolah Dasar (SD), Paket B atau setara dengan dengan Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan Paket C atau setara dengan Sekolah Menengah Atas (SMA)

“Kami merangkul SPS di Bolmong untuk mengikuti program Paket A, B dan C. Harapanya, anak yang putus sekolah bisa memperoleh ijazah setara SD, SMP dan SMA,” jelas Renti.

Dia menambahkan, program ini tentunya sangat berdampak pada Indeks Pembangunan Manusia (IPM) atau Human Development Index (HDI) di Bolmong. Kata Renti, terdata di Badan Pusat Statistik IPM di tahun 2017 hanya 65,7 sementara itu di tahun 2018 ini IPM naik menjadi 66,8. “Jadi, peningkatan IPM dari tahun 2017 ke tahun 2018 menurut saya itu peningkatan yang signifikan, dan peningkatan ini juga berkat kerja keras Disdik Bolmong,” jelasnya.

Dirinya berharap, kesadaran masyarakat untuk menunjang berbagai program pemerintah untuk meningkatakan Pendidikan terus meningkat, apalagi mendukung program pemerintah dalam menekan angka putus sekolah. “Berharap ini akan terus berjalan baik, dan angka putus sekolah di Kabupaten Bolmong akan terus berkurang,” katanya mengakhiri. (Ind)

Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
%d blogger menyukai ini: