Bolmong

Perbaikan Jalan Dumoga Mopuya Tumokang Ditender Bulan Ini

 

jalan rusak di Mopuya Kecamatan Dumoga Utara.

BOLMONG – Harapan warga Kabupaten Bolmong khususnya di dataran Dumoga, terkait keberadaan jalan yang saat ini rusak parah, untuk segera diperbaiki oleh pemerintah tak lama lagi terwujud.

Buktinya, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bolmong melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Bolmong telah menyiapkan program, Peningkatan Kapasaitas (Pelebaran) jalan Dumoga-Mopuya, dengan anggaran Rp 5 miliar. Tak hanya itu, pemerintah juga telah menyediakan program pemeliharan rutin jalan Mopuya-Tumokang dengan pagu anggaran Rp 195 juta.

Menurut Kepala Dinas PUPR Bolmong Ir Hj Channy Wayong ME, program pembangunan itu bisa di cek di Rencana Umum Pengadaan (RUP) melalui, Sistem Informasi Rencana Umum Pengadaan (SIRUP).

“Ya, sudah bisa dilihat di RUP, untuk dua kegiatan itu. Jadi ada, peningkatan kapasitas (pelebaran) jalan Dumoga-Mopuya, dan pemeliharan jalan Mopuya-Tumokang. Akhir bulan ini ditender,” Kata Wayong.

Sementara itu, Kepala Bagian (Kabag) Unit Layanan Pengadaan (ULP) Bolmong, Nixon R Gopay ST, melalui Kasubag Pelelangan Harianto Tawil SE mengatakan, kedua kegiatan itu, sudah selesai mengimputan RUP pada aplikasi SIRUP.

Menurutnya, Dinas terkait, tinggal menyiapkan dokumen perencanaan seperti gambar, spec, HPS, draf kontrak, kerangka acuan kerja. Setelah semua itu audah siap, kata dia, Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) membuat paket dalam sistem pengadaan secara elektronik yang tersedia dalam Layanan Pengadaan Secara Elektronik (LPSE) Kabupaten Bolmong.

“Setelah itu, dokumen perencanaan diserahkan ke bagian layanan pengadaan Setda Bolmong, untuk dilakukan proses tender, pemilihan penyedia,” ucap Tawil.

Dia menjelaskan, paket-paket yang akan ditender melalui bagian yalanan pengadaan barang dan jasa yaitu paket data konsultasi dengan nilai di atas 100 juta dan paket pengadaan barang jasa lainnya dan jasa konstruksi dengan nilai di atas 200 juta.

“Untuk paket pekerjaan itu, di laksanakan oleh pejabat pengadaan OPD masing-masing. Kalau, di atas 200 juta dilaksanakan oleh pokja pemilihan pada bagian layanan pengadaan setda Bolmong,” jelasnya.

Nah, kedua kegiatan dari Dinas PUPR ini, sudah selesai proses pengimputan RUP pada aplikasi Sirup. Yakni, Peningkatan Kapasitas jalan dumoga mopuya Rp 5 miliar. Pemeliharan rutin jalan moputa Tumokang pagu 195 juta. “Untuk proses cepat atau lambatnya terealisasi, semua tergantung pihak dinas,” katanya mengakhiri. (Ind)

Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Check Also

Close
Back to top button
Close
%d blogger menyukai ini: