Bolmong

Pilkades di Bolmong Dilaksanakan Tahun Ini

Ahmad Yani Damopolii
BOLMONG— Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak di Kabupaten Bolmong, akan digelar tahun ini. Hal tersenbut, dikatakan Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Ahmad Yani Damopolii.
Menurutnya, sebanyak 104 Desa di Kabupaten Bolmong rencananya akan menggelar pelaksanaan Pilkades, secara serentak. “Ya, sebanyak 104 Desa di Bolmong, yang harus melaksanakan Pilkades di tahun 2019 ini,” ungkapnya.
Dia menambahkan, anggaran pelaksanaan Pilsang bisa mengunakan Anggaran Dana Desa (ADD) tetapi karena dilaksanakan secara serentak jadi dibiayai dengan APBD. “Jadi, apabila pelaksanaan Pilkades hanya secara pribadi, sebenarnya bis menggunakan ADD. Tapi karena ini akan digelar serentak, Pemkab yang membiayai,” jelasnya.
Lanjutnya, berdasarkan Permendagri 112 tahun 2014 pasal 21, peserta Pilkades harus terdaftar sebagai penduduk dan bertempat tinggal di desa setempat paling kurang satu tahun sebelum pendaftaran. “Sesuai keputusan MK, warga yang mencalonkan diri tidak dibatasi lagi berdasarkan domisili minimal satu tahun, bahkan dari luar desa bisa mencalonkan diri. Perdanya sudah diketuk. Jadi silahkan dari daerah lain yang mau ikut pilkades di Bolmong boleh saja,” katanya mengakhiri. (Ind)
Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Check Also

Close
Back to top button
Close
%d blogger menyukai ini: