Kotamobagu

Data Lansia Diperbaharui

Sarida Mokoginta, SH

PROBMR.COM, KOTAMOBAGU– Guna proyeksi pemberian bantuan di tahun 2019 mendatang, Dinas Sosial (Dinsos) kembali memperbarui data warga lanjut usia (lansia) di tiap desa dan kelurahan.

Kepala Dinsos, Sarida Mokoginta, mengatakan pendataan dilakukan langsung ditiap desa dan kelurahan, agar data yang dimiliki nanti benar-benar valid.

“Sudah ada sebagaian yang selesai dan langsung diinput. Target kita sebelum akhir tahun ini sudah selesai,” katanya.

Lansia yang didata itu akan diusulkan menerima bantuan tahun depan. Bantuan yang diberikan katanya disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing, seperti pakaian, bahan pokok dan kebutuhan lainnya. “Data ini akan kita verifikasi lagi. Kemudian yang mendapat akan bantuan nanti sudah tentu yang memenuhi kriteria,” ujarnya.

Kepala Bidang Rehabilitasi dan Jaminan Sosial, Candra Wahid, mengungkapkan lansia yang akan diberi bantuan adalah yang berusia 60 tahun ke atas, serta hanya hidup seorang diri. “Jadi tidak semua akan mendapatkan bantuan. Meskipun berusia di atas 60 tahun dan berlatar belakang keluarga mampu, maka tidak bisa menerima bantuan. Ini hanya untuk lansia yang kurang mampu. Kemudian kita juga akan menyesuaikan dengan ketersediaan anggaran nanti,” ungkapnya.

Pemberian bantuan itu katanya dimaksudkan untuk membantu para lansia dalam pemenuhan kebutuhan hidup sehari-hari. “Untuk tahun ini, ada 69 lansia yang menerima bantuan berupa kebutuhan pokok sehari-hari. Mudah-mudahan dengnan bantuan itu, bisa membantu mereka dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari,” tambahnya. (*)

Tags
Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
%d blogger menyukai ini: