Bolmong

Tahlis Buka Ujian CPNS, Bupati Lobi Menpan-RB Pertimbangkan Standar Passing Grade

BOLMONG— Pelamar Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di Kabupaten Bolmong, mulai menjalani seleksi ujian Computer Asisted Test (CAT), Jumat (9/11).
Diketahui, sekira 1.714 pelamar CPNS di Bolmong itu, bergilir mengikuti ujian CAT. Dibuka langsung, Sekretaris Daerah (Sekda) Bolmong Tahlis Gallang, pelaksanaan ujian lewat system CAT itu, dipusatkan di gedung SMK Cokroaminoto pukul 09:30 Wita.
Dihadiri Kepala Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan (BKPP) Bolmong Amaruddin Amba, Kepala Badan Keuangan Daerah Fico Mokodompit serta para staf dan panitia CPNS Bolmong.
Menurutnya Tahlis, tes CPNS ini merupakan kompetisi untuk melawan dan menguji kemampuan setiap pribadi para pendaftar CPNS. Katanya, hasil tes CPNS juga akan langsung terterah di papan monitor dan langsung disaksikan oleh masyarakat atau keluarga. “Apapun hasil yang diraih akan langsung dilihat,” ungkap Gallang. “Peserta juga harus percaya diri dengan kemampuan masing-masing. Berharap dalam seleksi pengadaan CPNS tahun 2018 ini, kebutuhan bisa terpenuhi,” tambahnya.
Terpisah Kepala BKPP Bolmong Amaruddin Amba menambahkan, pengadaan CPNS tahun ini, melalui beberapa tahapan proses yang dilewati. Mulai dari pembukaan penerimaan berkas, melalui online dan, pelatihan tes CPNS, pencetakan kartu ujian, penyerahan kartu ujian, hingga ujian. “Untuk jumlah soal seleksi kompetensi dasar (SKD) berjumlah 100 soal yang terdiri atas soal tes wawansan kebangsaan (TKW) 35 nomor, soal tes intelegensia umum (TIU) 30 nomor, dan soal tes karakteristik pribadi (TKP) berjumlah 35 nomor,” jelasnya.
Lanjutnya, test CPNS ini, memiliki ambang batas nilai yang harus dipenuhi setiap peserta. Hal ini berdasarkan peraturan Menpan RB nomor 37 Tahun 2018 tentang nilai ambang batas seleksi kompentensi dasar pengadaan CPNS tahun 2018. “Untuk nilai passing grade 143 untuk TKP, nilai 80 untuk TIU dan nilai 75 untuk TKW,” katanya.
Upaya Pemkab Bolmong tentang pengadaan CPNS tahun 2018 tidak lepas perhatian dari Bupati Bolmong Yasti Soepredjo Mokoagow.
Apalagi, jumlah kelulusan yang terjadi di hampir semua daerah, yang pada umumnya hanya beberapa saja yang lolos, membuat Bupati Bolmong, harus bertemu Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan-RB) Syafruddin.
Tujuan bupati yakni, memohon agar pemerintah pusat mempertimbangkan lagi soal tingginya nilai passing grade tes CPNS yang telah ditetapkan. Hal ini bukan tidak beralasan bagi Bupati. Sebab pengadaan CPNS tahun 2018 di lingkup Pemkab Bolmong, masih butuh PNS. (Ind/Adve)
Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Check Also

Close
Back to top button
Close
%d blogger menyukai ini: