Bolmong

Pemkab Kucurkan 10 Miliar untuk 42 JIDES dan JITUT

Remon Ratu
BOLMONG— Air adalah salah satu faktor penentu produksi pertanian. Karena itu investasi irigasi itu, sangat penting dan strategis, dalam rangka pensediaan air untuk pertanian baik dalam penyaluran air irigasi dari hulu sampai dengan hilir, merupakan sarana dan prasarana yang penting dalam menunjuang pertanian.
Hal tersebut terus menjadi perhatian Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bolmong. Apalagi, dalam pengembangan dan peningkatan pertanian di Bolmong. Buktinya, melalui Dinas Pertanian Bolmong, saat ini sementara membangun sebanyak 42 bangunan penunjang peningkatan pertanian di Bolmong seperti Jaringan Irigasi Desa (JIDES) dan Jaringan Irigasi Tingkat Usaha Tani (JITUT) yang tersebar di desa-desa yang ada di Kabupaten Bolmong.
“Ya, program pembangunan JIDES dan JITUT sudah sementara terealisasi, masing-masing 11 pembangunan JIDES dan 31 pembangunan JITUT, ” ungkap Plt Kepala Dinas Pertanian Bolmong Remon Ratu kepada ProBMR.com Jumat (3/8) di ruang kerjanya.
Dia menambahkan, pagu anggaran untuk pembangunan 42 JIDES dan JITUT  itu keseluruhannya kurang lebih 10 Miliar lebih. “Pagu anggaran setiap pengerjaannya bervariasi dan disesuaikan dengan panjangnya. Setiap pengerjaan mulai dari 200-300 juta. Sementara, target pembangunannya 120 hari ke depan, mulai bulan ini. Pengerjaannya juga melewati proses lelang, dan untuk dana 30 persen sudah dicairkan untuk tahap awal,” katanya
Dirinya menegaskan, supaya setiap kotraktor yang melakukan pekerjaan untuk teliti dan melakukan pengerjaan secara maksimal sesuai dengan ketentuan. “Kontraktor harus kerja dengan baik supaya hasilnya betul-betul sesuai ketentuan. Karena kalau kedapatan tidak maksimal tentu akan menjadi catatan serta akan mendapat surat teguran. Semua tergantung tim dari PHO apakah akan diterima hasil pengerjaannya atau tidak, kalaupun tidak diterima pihak kontraktor harus meperbaiki atau mengganti sesuai ketentuan kesepakatan,” tegasnya. (Ind)
Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
%d blogger menyukai ini: