Nasional

Tora Pakai Dumolid karena Susah Tidur, BNN: Jangan Cara Ilegal

Pasangan artis Tora Sudiro dan Mieke Amalia

Pasangan artis Tora Sudiro dan Mieke Amalia mengaku sudah satu tahun mengonsumsi obat keras Dumolid dan dibeli dari temannya. BNN mengatakan pembelian obat-obatan tanpa pengawasan dokter termasuk ilegal dan dapat terancam hukuman pidana.

“Nah ketika dia (Tora) mendapatkannya tidak dalam pengawasan dokter atau tidak dengan resep dokter maka itulah yang dikatakan penggunaan atau penyalahgunaan secara ilegal. Dan disitulah ada ancaman pidananya,” kata Kabag Humas BNN Kombes Sulistriandriatmoko atau yang biasa disapa Sulis saat dihubungi, Kamis (3/8/2017) malam.

Sulis menjelaskan kandungan Dumolid sebagai obat penenang diatur dalam UU No 5 Tahun 1997 Tentang Psikotropika. Zat aktif yang terkandung dalam Dumolid yaitu Nitrazepam dan bermanfaat untuk mengobati seseorang yang mengalami gangguan insomia dan depresi ringan.

Secara legal Dumolid dapat dibeli di apotek karena merupakan obat keras. Meski demikian dosis penggunaannya harus berada dalam pengawasan dokter.

“Jika mereka memang mempunyai gangguan seperti itu, ya dia berobat ke dokter biar dokter yang menyelesaikan permasalahnya itu. Jangan kemudian dilakukan sendiri dengan cara-cara ilegal, kan ilegal formalnya bukan karena dia menggunakan Dumolid, tapi legal formalnya karena dia menggunakan sesuatu yang dilarang UU dan tidak boleh menguasai dan memiliki tanpa pengawasan atau izin dari dokter,” tutupnya.

detik.com

Tags

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close